Bosan Berwisata Gitu-Gitu Saja? Coba 4 Destinasi Wisata 'Dark Tourism' Ini

Chernobly (Foto: easyscienceforkids.com)

Destinasi wisata menjadi buruan tiap kali menjelang libur panjang atau akhir pekan. Mulai dari tempat wisata keluarga bernuansa alam maupun tempat wisata yang cukup ekstrim selalu menjadi tujuan para traveler.

Bagi Anda yang tak pernah absen untuk berwisata bersama keluarga, mungkin terkadang merasa bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja. Ternyata ada beberapa tempat unik dan tak biasa yang bisa jadi pilihan untuk berwisata.

Namun tempat-tempat wisata ini tak menyajikan panorama alam yang indah, tapi justru sebaliknya. Turis akan disajikan pemandangan berbahaya yang mungkin belum pernah Anda rasalah sebelumnya. Oleh karena itu, tempat-tempat wisata ini dijuluki tempat wisata dark tourism.

4. Melihat Konflik Suriah Dari Kejauhan

(Foto: aljazeera.com)

Puluhan warga Amerika maupun Eropa tertarik dengan ledakan bom yang kerap kali terjadi di Suriah. Saat bom diluncurkan, mereka akan berebut untuk melihat bom tersebut mengenai tanah. Bagi mereka yang cukup seru adalah saat bom tersebut mengenai kawasan padat penduduk.

3. Menyusuri Bekas Kamp Konsentrasi

(Foto: encyclopediaofukraine.com)

Hitler membunuh jutaan orang Yahudi dengan cara yang mengerikan saat ia menguasai Eropa. Pembunuhan ini biasanya dilakukan dengan cara meracuni mereka dengan gas sehingga tubuh mereka lemas dan langsung tak bernyawa. Selain gas, ada juga yang dibunuh dengan dibiarkan kelaparan hingga dijadikan kelinci perobaan.

Salah satu simbol yang menjadi bukti kekejama Hitler yang terletak di Polandia Selatan. Sekitar 1,1 juta orang Yahudi dibantai di sini habis-habisan. Mereka diperlakukan seperti hewan. Museum pun dibangun di tempat ini untuk mengenang kelamnya pada masa itu.

2. Mengintip Kota Mati Akibat Radiasi Nuklir

(Foto: wikipedia.org)

Di awal tahun 80-an Pripyat merupakan salah satu kota yang indah. Namun sayang keindahan tersebut hilang saat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meledak di sana. Dampaknya tentu saja tidak bisa dihindari, sekitar 31 orang tewas di tempat dan ribuan lainnya mengalami gangguan kesehatan hingga kanker.

Hingga tahun 2016 ini, Pripyat telah menjadi kota mati selama 30 tahun. Padahal dulu hampir 50.000 orang menetap di tempat tersebut. Pripyat menjadi terbengkalai karena banyak masyarakat yang masih khawatir akan dampak radiasi yang masih tertinggal.

1. Menikmati Penduduk Miskin Di Kawasan Kumuh

(Foto: thematinee.ca)

Pernah melihat film India Slumdog Millionaire? Seting film tersebut berlokasi di Mumbai. Kawasan kumuh ini kerap kali dikunjungi orang, bukan mau membantu penduduk miskinnya, namun mereka yang datang hanya ingin melihat seperti apa kawasan kumuh di India.

Para pengunjung akan mengambil foto dan video sebanyak-banyaknya tanpa mempedulikan banyaknya masyarakat yang menderita di depan mereka. Saking tak pedulinya, di beberapa sudut kawasan kumuh dibangun penginapan berbentuk seperti rumah penduduk namun dengan fasilitas super nyaman.
X