Aneh, Di Wilayah Ini Tidak Ada Satupun Alfamart Dan Indomaret

Alfamart (Foto: money.id)

Alfamart dan Indomaret adalah jaringan minimarket yang sudah tersebar di berbagai pelosok negeri. Tak hanya diperkotaan, di daerah pedesaan pun sekarang Alfamart atau Indomaret sudah banyak didirikan.

Tapi berbeda dengan di ranah Minang, Sumatera Barat, di mana tidak ada satupun Alfamart, Indomaret dan minimarket lainnya ditemukan di sana. Ya, jika berkunjung kota-kota besar seperti Padang, Bukittinggi dan sekitarnya, Anda tidak akan menemukan minimarket.

Penyebabnya bukan karena pihak minimarket tidak ingin mendirikan cabang di wilayah tersebut, tapi karena pemerintah setempat tidak memberikan izin kepada minimarket waralaba untuk beroperasi di wilayah tersebut.

Indomaret (Foto: tangseltoday.com)

Larangan itu diberlakukan lantaran pemerintah menganggap dengan adanya minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, pedagang tradisional akan merasa dirugikan.

Hal itu juga pernah ditegaskan oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, yang mengatakan kalau minimarket waralaba akan merusak ekonomi daerah.

"Indomaret dan Alfamart tidak dikeluarkan izinnya karena akan merusak ekonomi daerah," kata Mahyeldi.

Menurutnya, akan ada banyak orang yang memilih belanja di minimarket ketimbang pedagang tradisional karena lebih modern dan barang-barangnya lebih lengkap.

Walaupun demikian, di Padang sendiri juga ada sebuah minimarket, hanya saja dimiliki oleh perorangan, bukan milik sebuah perusahaan.
X