Aneh, Di Desa Ini Rumah-Rumah Tidak Memiliki Pintu

Desa Shani Shingnapur, desa dengan rumah tanpa pintu masuk (Foto: sobify.com)

Pada umumnya setiap rumah pasti memiliki pintu agar rumah terjamin keamanannya. Namun lain lagi dengan rumah-rumah di sebuah desa di India ini yang semuanya tidak memiliki pintu sama sekali.

Ya, rumah-rumah di Desa Shani Shingnapur yang terletak di negara bagian Maharashtra, India, memang tidak memiliki pintu seperti rumah pada umumnya. Rumah-rumah di desa tersebut dibiarkan terbuka begitu saja.

Hal itu dilakukan sesuai kepercayaan penduduk setempat yang sudah turun menurun sejak lama. Walau setiap rumah tidak memiliki pintu dan rawan jadi sasaran kejahatan, mereka percaya dewa akan selalu melindungi mereka.

(Foto: dailymail.co.uk)

Tak hanya rumah yang tidak memiliki pintu masuk, rata-rata toilet di desa tersebut juga tidak memiliki pintu, dan hanya ditutupi oleh pintu longgar.

Namun sekarang, untuk alasan privasi dan mengikuti permintaan perempuan, warga desa sepakat untuk memakai tirai tipis dekat pintu masuk, tapi tetap tidak ada pintu karena bertentangan dengan kepercayaan warga desa.

Sementara beberapa warga memutuskan untuk membuat pintu longgar yang terbuat dari kusen dan hanya dipasang saat malam hari saja untuk mencegah hewan-hewan liar masuk ke dalam rumah.

Meskipun setiap rumah di desa ini tidak memiliki pintu, bukan berarti warga yang hendak masuk ke rumah orang lain bisa seenaknya masuk begitu saja, mereka tetap harus meminta izin dulu dengan cara berteriak kepada pemiliknya sebelum masuk.
X