7 Foto Miris Derita Hewan-Hewan Sirkus Yang Bikin Hati Teriris

Derita hewan sirkus (Foto: The Richest)

Di masyarakat saat ini, pertunjukan hewan-hewan sirkus menjadi tontonan yang sangat menghibur banyak orang. Tapi di balik hiburan itu, kita tidak tahu bagaimana para pelatih memperlakukan hewan-hewan sirkus dengan begitu kejam.

Hewan-hewan dipaksa melakukan sesuatu yang biasanya tidak bisa mereka lakukan, jika seandainya tidak bisa, mereka akan disiksa dengan cara dicambuk atau dipukul oleh pelatihnya. Oleh sebab itu hewan-hewan sirkus terlihat nurut saat melakukan penampilan di depan banyak orang karena mereka takut disiksa sama pelatihnya.

Di beberapa negara maju, orang yang memperlakukan hewan dengan tidak benar dapat dikenai sanksi yang berat, tapi di kebanyakan negara berkembang sanksi yang diberikan terlalu lunak sehingga orang-orang semakin leluasa menyiksa hewan-hewan untuk keuntungan mereka sendiri.

Itulah sedikit gambaran tentang derita kehidupan hewan-hewan sirkus. Berikut ini ada beberapa foto yang menceritakan lebih banyak bagaimana mereka disiksa dan diperlakukan secara kejam oleh manusia, yang dikutip Wow Menariknya dari The Richest.

7. Seekor beruang dipaksa berjalan


Beruang memang memiliki kemampuan untuk berjalan dengan menggunakan kedua kaki belakangnya, tapi itu tidak selalu datang secara alami. Agar mereka bisa berjalan, beruang biasanya dilatih dengan sangat kejam seperti tampak pada foto di atas.

Kejamnya lagi, pelatih sirkus kadang sengaja membakar bagian kaki depan beruang agar mereka berjalan hanya dengan menggunakan kaki belakangnya. Namun beruang sulit memahami apa yang diinginkan pelatihnya, dan mereka memaksakan diri berjalan dengan empat kaki walau harus menahan rasa sakit.

6. Monyet sirkus disiksa oleh pelatihnya


Dalam foto ini, tampak seekor monyet terlihat ketakutan sama pelatihnya yang terlihat memegang cambuk. Dilihat dari ekspresi wajah monyet itu, ia benar-benar sangat takut dicambuk oleh pemiliknya.

5. Anak gajah dirantai


Gajah adalah salah satu hewan sirkus yang mendapat perlakuan paling buruk dari para pelatihnya. Mereka biasanya disekap di kandang yang sempit dengan keadaan kaki dirantai, sehingga mereka sulit bergerak dan hanya bisa diam di tempat. Sungguh malang nasib gajah yang seharusnya bebas berkeliaran di alam liar, malah terkurung di ruangan yang sempit dengan keadaan kaki dirantai.

4. Harimau pun dibuat tidak berdaya


Tahu tidak bagaimana hewan sebuas harimau nurut sama para pelatihnya di dalam sirkus? Harimau bisa saja menyerang mereka yang berani mengganggunya, tapi para pelatih sirkus sengaja memotong cakar dan taring harimau demi keselataman mereka. Tentu hal itu sangat menyakiti si harimau, sama halnya dengan kuku manusia ketika terpotong.

3. Monyet juga sering disiksa


Monyet yang satu ini berbeda dengan monyet sebelumnya, tapi pelatihnya sama. Monyet sirkus sering dilatih dengan cara dipaksa dan jika tidak bisa dilatih dengan benar, mereka akan dapat imbalan berupa siksaan.

2. Gajah sering diikat, dipukul, dan disiksa agar jinak

Dalam rangka menjinakan hewan liar seperti gajah, para pelatih sirkus sering menggunakan metode yang amat kejam. Gajah yang baru pertama kali masuk sirkus, seluruh tubuhnya akan diikat, dicambuk dan bahkan disetrum agar ia nurut sama majikannya.

1. Dua bayi beruang ini tampak tersiksa


Para pelatih sirkus sering menyiksa beruang dewasa agar berjalan dengan cara berdiri. Tapi metode yang digunakan pada bayi beruang sedikit berbeda, tapi sama saja kejamnya.

Biasanya leher bayi beruang akan diikat, sehingga memaksa mereka untuk berjalan dengan cara berdiri. Seperti tampak pada foto di atas yang menunjukkan dua bayi beruang tampak kebingungan bagaimana cara melepas rantai yang mengikat leher mereka.

Itulah sedikit gambaran bagaimana hewan-hewan hidup menderita karena disiksa dan diperlakukan tidak benar oleh manusia yang haus akan keuntungan. Hewan juga sama seperti kita ingin hidup bebas dan bermain dengan kawanannya

Photo Credit: The Richest
X