6 Jenis Film Horor Bertema Kiamat, Mana Favoritmu?

Film NOAH (Foto: unclesidney.com)

Film horor menjadi salah satu jenis film paling diminati dibandingkan jenis film lainnya. Meski terkesan menyeramkan, film ini memang mampu meningkatkan adrenalin dan membuat penasaran para penonton.

Bukan hanya film horor yang mengambil tema makhluk halus yang tak pernah sepi penggemar, ternyata film horor mengenai akhir dunia juga selalu laris manis. Film horor bertema kiamat selalu menghadirkan setting tempat yang sangat mengrikan karena merupakan bekas bencana dan juga kerusakan parah.

Langsung saja, berikut beberapa jenis film horor bertema kiamat yan, mulai dari karena perang nuklir, bencana alam, infeksi virus, dan masih banyak lagi.

6. Perang Nuklir

Hardware (Foto : blueprintpreview.com)

Film horor bertema perang nuklir populer sejak tahun 50-an hingga runtuhnya Uni Soviet di tahun 90-an. Dalam film horor bertema perang nuklir, bencana yang datang bukan karena ledakan namun lebih menekankan keadaan pasca ledakan dimana masih ada orang-orang yang bertahan meski dalam situasi mengerikan.

Beberapa film yang mengangkat tema perang nuklir misalnya Panic in the Year Zero (1962), In the Year (1967), Hardware (1990), dan The Book of Eli (2010).

5. Infeksi Virus

I Am Legend (Foto : slashfilm.com)

Salah satu subjek film horor yang populer adalah virus. Skenario bertema virus ini mulai populer tahun 1970-an dimana saat itu mulai muncul penyakit menular seperti rabies hingga AIDS, flu babi, Ebola dan SARS yang muncul di abad ke-21.

Beberapa film horor yang mengangkat tema infeksi virus misalnya 28 Days Later (2002), 28 Weeks Later (2007), dan I Am Legend (2007).

4. Zombie

World War Z (Foto : ew.com)

Kiamat zombie kembali menjadi subjek yang menarik pada abad ke-21 didorong karena kekhawatiran penyakit, terorisme dan ketidakstabilan global. Skenario mengenai zombie ini berkisah tentang orang-orang yang terinfeksi sehingga menjadi zombie di mana mereka yang mati akan bangkit kembali, hal mencerminkan pesimisme saat era perang Vietnam.

Beberapa film horor yang mengangkat tema zombie adalah Resident Evil : Apocalypse (2004), Dawn of the Dead (2004), World War Z (2013), dan Pride and Prejudice and Zombies (2016).

3. Alien

Independence Day : Resurgence (Foto : foxmovies.com)

Film horor kiamat yang menjadikan alien sebagai temanya mulai populer pada tahun 50-an. Skenario mengenai film-film bertema alien ini mencerminkan kekhawatiran akan terjadinya infiltrasi komunis yang berlanjut sampai jatuhnya Uni Soviet pada tahun 90-an. Kemudian para teroris menggantikan komunisme sebagai ancaman terselubung yang digambarkan lewat alien.

Beberapa film kiamat yang mengangkat tema alien misalnya The Puppet Master (1994), Signs (2002), Battle of Los Angeles (2011), dan Independence Day : Resurgence (2016).

2. Akhir Zaman Secara Supernatural

The Mist (Foto : keyword-suggestions.com)

Film horor tentang akhir dunia yang menghadirkan makhluk halus populer di tahun 60-an sampai 70-an. Hal ini sebagai refleksi dari ketakutan terjadinya peningkatan pemusnahan global dan reaksi agama sebagai merosotnya nilai-nilai sosial.

Beberapa film yang mengangkat tema ini misalnya Pulse (2006), The Mist (2007), dan Mother of Tears (2008).

1. Bencana Akibat Kelalaian Manusia

2012 (Foto : ign.com)

Film tentang akhir dunia yang mengambil tema bencana akibat kelalaian manusia itu sendiri mulai populer akibat kekhawatiran percobaan nuklir pada makhluk hidup tertentu pada tahun 50-an. Sedangkan pada tahun 70-an, film bertema ini menjadi refleksi atas semakin parahnya polusi.

Beberapa film yang mengangkat tema ini misalnya Eight Legged Freaks (2002), The Happening (2008), 2012, dan San Andreas (2015).
X