5 Alasan Aneh Seseorang Jatuh Cinta Menurut Psikologis

Ilustrasi (Foto: spiritual-board.com)

Jatuh cinta adalah hal terindah dalam hidup, dan setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya jatuh cinta. Ketika Anda jatuh cinta pada seseorang, pasti ada beberapa hal yang membuat Anda jatuh cinta padanya.

Misalnya saja Anda suka wajahnya yang tampan atau cantik, memiliki hobi yang sama, sikapnya yang baik, atau mungkin suka karena hartanya. Itulah sebagian alasan yang membuat Anda jatuh cinta kepadanya.

Dalam ilmu psikologis, penyebab seseorang jatuh cinta bisa dijelaskan secara kompleks. Berikut alasan-alasan aneh seseorang jatuh cinta menurut artikel yang ditulis oleh Maggie Zhang, seperti dikutip Businnes Insider.

1. Jika Anda mengenakan pakaian berwarna merah

Dalam sebuah penelitian di Slovakia, wanita yang mengenakan pakaian warna merah cenderung lebih berhasil memikat hati pria. Hal itu dikarenakan warna merah diibaratkan sebagai sinyal seksual. Yang berarti ia mungkin sedang mencari pasangan.

2. Jika memiliki jenis rambut wajah tertentu

Dalam sebuah percobaan di Australia, para peneliti menemukan bahwa wanita menganggap pria dengan janggut yang lebat lebih menarik dibandingkan dengan mereka yang memiliki janggut ringan atau tidak memiliki janggut sama sekali.

Selain bisa meningkatkan daya tarik, peneliti juga menemukan bahwa rambut di wajah dapat mempengaruhi kesuburan. Wanita menganggap pria dengan janggut sedang berada pada masa subur.

3. Sama-sama memliki wajah rupawan atau kurang rupawan

Maksudnya adalah beberapa orang lebih tertarik kepada orang lain yang sama-sama menarik seperti dirinya sendiri. Dengan kata lain, kita lebih cenderung menyukai seseorang yang tak jauh berbeda dengan kita dilihat dari segi fisiknya.

4. Saling menatap mata satu sama lain selama dua menit

Seorang psikolog bernama Joan Kellerman dari University of Massachussets meminta 72 undergrad nya untuk menatap mata lawan jenisnya selama dua menit. Hasilnya pun cukup menakjubkan, di mana mereka merasakan kasih sayang yang penuh gairah meskipun itu adalah orang lain.

"Mereka melaporkan bahwa mereka telah meningkatkan perasaan cinta dan kasih sayang yang penuh gairah terhadap orang lain," demikian laporan Scientific America.

Hal itu membuktikan bahwa kontak mata dalam jangka waktu yang lama dapat menghubungkan Anda dengan seseorang bahkan bisa menimbulkan perasaan cinta di dalam diri Anda untuk orang yang belum pernah Anda kenal sebelumnya.

5. Memiliki kesamaan

Jika Anda memiliki beberapa kesamaan dengan seseorang yang menyukai Anda, bisa jadi itu adalah penyebab si dia jatuh hati kepada Anda. Misalnya saja, dari hobi, cara berpakaian, atau hal lainnya.

"Pasangan yang serupa dalam disposisi yang luar, seperti kepribadian, lebih memungkinkan untuk merasakan hal yang sama dalam kehidupan mereka sehari-hari," ujar Gian Gonzaga, penulis utama dari studi pasangan yang bertemu di eHarmony.

Menurut Gonzaga, dengan memiliki beberapa kesamaan seperti kepribadian yang disebutkan tadi, memungkinkan sepasangan kekasih dapat dengan mudah memahami satu sama lain sehingga tercipta keharmonisan.
X