Tak Punya Uang, Pria Ini Bawa Jasad Adiknya Dengan Motor

Seorang pria membawa jasad adiknya di belakang motor (foto: VietNamNet)

Pada tanggal 12 September, sebuah foto yang menunjukkan seorang pria membawa jasad adiknya dengan menggunakan sepeda motor menarik perhatian banyak orang setelah diunggah ke internet. Kejadian ini terjadi di Provinsi Son La, di Vietnam.

Seperti dilansir VietNamNet, pria itu diidentifikasi sebagai Lo Van Muon (46) yang terlihat membawa jasad adiknya, Lo Thi P (40) dengan menggunakan motor. Muon mengatakan bahwa meskipun adiknya sedang sakit parah, keluargaya harus membawanya pulang dari rumah sakit karena tidak punya biaya.

Sementara ayah dan sepupunya menyelesaikan proses administrasi di rumah sakit, Muon memutuskan untuk pulang lebih dulu bersama adiknya dengan menyewa ojek. Baru sejauh 20 km, adik Muon menghembuskan nafas terkahirnya.

Mereka kemudian disuruh turun oleh tukang ojek karena sudah tidak punya uang lagi untuk bayar. Kemudian Muon menunggu ayah dan sepupunya di sisi jalan.

"Aku meminta orang lain untuk membantu saya membeli tikar untuk menutupi tubuhnya (adiknya). Ketika sepupu saya tiba, saya menempatkannya di belakang motor dan melaju ke rumah" kata Muon.

Adik Muon memiliki seorang putri berusia enam tahun. Suaminya meninggal karena HIV/AIDS pada tahun 2012 lalu.

Luong Van Tuan, direktur Rumah Sakit Anti-Tuberculosis Center, mengatakan bahwa adik Muon memiliki kondisi kesehatan yang sangat lemah sejak 29 Agustus lalu karena penyakit paru-paru dan HIV/AIDS yang dideritanya.

Pihak rumah sakit menjelaskan bahwa mereka menawarkan adik Muon untuk tetap dirawat. Namun ketika keluarganya menyuruh adik Muon pulang, pihak rumah sakit mengatakan tidak akan bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada adik Muon.

Banyak orang yang mengkritik rumah sakit tempat adik Muon dirawat karena tidak memberikan tumpangan gratis. Namun pihak rumah sakit mengatakan kalau mereka hanya memiliki satu ambulan.
X