Meskipun Tidak Salah, Tak Ada Ruginya Kok Minta Maaf Duluan

(foto: yourstory.com)

Pertengkaran selalu tak terhindarkan, entah itu dengan teman, pacar atau istri. Tapi kenapa mulut terasa berat dibukakan untuk meminta maaf kepada orang yang bertengkar dengan kita?

Apalagi jika merasa tidak salah, kadang mulut semakin berat saja mengatakan minta maaf dan mungkin tidak pernah bilang minta maaf karena merasa tidak salah, yang salah orang lain, jadi ia yang harus meminta maaf.

Namun pernah tidak ada kejadian orang meninggal karena meminta maaf duluan? Yang jelas belum pernah ada kejadian seperti itu, tapi kenapa yah ingin minta maaf duluan itu susahnya minta ampun, seolah kita mau celaka atau akan mendapat rugi besar.

(foto: dpaki.com)

Tidak ada ruginya kita meminta maaf duluan kepada orang yang bertengkar dengan kita, meskipun Anda merasa tidak salah sama sekali. Jangan biarkan ego dan gengsi menutup rapat mulut Anda, tapi biarkan hati yang bertindak.

Kadang, hati terasa berat dan kesal disaat kita bertengkar dengan orang lain. Tapi coba Anda meminta maaf kepada orang yang bertengkar dengan Anda, hati pasti akan terasa lega dan tenang walaupun orang tersebut tetap kesal kepada Anda.

Tapi setidaknya kita sudah meminta maaf dan setelah itu terserah saja, kalau dimaafkan ya untung, kalau tidak juga tidak rugi buat kita.

Dari kata maaf, Anda bisa merubah musuh jadi sekutu, yang benci jadi cinta, kegaduhan jadi ketentraman. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk berat mengatakan minta maaf.
X