Mengkonsumsi 6 Makanan Ini Secara Berlebihan Dapat Menyebabkan Bau Badan

Ilustrasi bau badan (foto: shape.com)

Bau badan yang tidak sedap bisa membuat Anda tidak percaya diri, bukan hanya menganggu diri kita sendiri tetapi baunya tersebut juga akan mengganggu siapa saja yang berada di dekat Anda.

Meskipun telah banyak produk deodoran yang dapat mengatasi bau badan, tapi tetap saja asupan makanan juga harus Anda perhatikan. Pasalnya, sejumlah makanan jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa membuat badan Anda bau.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan asupakan makanan jika tidak ingin mengeluarkan bau badan tak sedap. Berikut 6 makanan yang dapat menyebabkan bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Makanan pedas

Makanan pedas mengandung zat bernama sulfur. Jika kita mengkonsumsi makanan pedas secara berlebih maka sulfur yang dihasilkan pun akan lebih banyak. Sulfur yang berlebihan tersebut akan dihilangkan melalui pori-pori kulit dan juga melalui nafas. Hal itulah yang menjadi penyebab timbulnya bau badan.

2. Daging merah

Untuk memproses daging merah yang hendak Anda konsusmsi memerlukan usaha yang sangat maksimal agar dapat dicerna oleh tubuh. Jika Anda mengkonsumsi daging merah secara berlebihan, makan tubuh ita perlu memprosesnya lebih maksimal lagi dan akan mengakibatkan masalah keringat yang berlebihan. Bau badan akan timbul ketika tubuh kita banyak berkeringat.

3. Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan bau badan akibat dari proses dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol minimal 10% bau badan akan segera menyerang kita.

4. Makanan cepat saji

Mengkonsumsi secara berlebihan junk food dengan tidak dibarengi olahraga dapat menyebabkan penumpukan sel-sel lemak dalam tubuh Anda. Dan hal tersebut menjadi salah satu penyebab dari timbulnya keringat secara berlebih. Junk food sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh dan hanya akan menimbulkan keringat yang menimbulkan bau tidak sedap.

5. Karbohidrat rendah

Diet yang tidak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan pelepasan berupa keringat dalam jumlah besar dari dalam tubuh. Proses ini menyebabkan pelepasan bahan kimia yang disebut keton dalam aliran darah Anda yang menyebabkan bau yang tidak diinginkan.

6. Produk susu

Produk susu kaya akan protein, jika dikonsumsi secara berlebih akan memakan waktu lebih lama untuk perut Anda untuk mencerna susu. Kelebihan konsumsi produk susu dapat menyebabkan pelepasan hidrogen sulfida dan metil merkaptan dalam tubuh yang dapat dengan mudah memicu bau busuk.

Sumber: India Times
X