Kesalahan-Kesalahan Termahal Sepanjang Sejarah

(foto: marcandangel.com)

Ada pepatah yang bilang kalau manusia adalah tempatnya salah. Ya, ungkapan itu memang benar, manusia adalah tempatnya salah, tapi manusia tidak boleh berlarut-larut dalam kesalahan.

Namun wajar-wajar saja jika seseorang melakukan kesalahan. Jika kesalahan dijadikan pembelajaran maka buahnya adalah keberhasilnya. Namun berbeda dengan orang-orang ini yang melakukan 'kesalahan' fatal yang berakibat hilangnya uang jutaan hingga miliaran dollar.

Karena hal itu, kesalahan-kesalahan mereka dianggap sebagai 'kesalahan' paling mahal yang pernah tercatat dalam buku sejarah. Simak ulasannya berikut ini.

5. Penyesalan Ronald Wayne

(foto : dailymail)

Bersama Steve Jobs dan Steve Wozniak, Ronald Wayne adalah tokoh penting dalam masa awal berdirinya Apple. Namun akhirnya Wayne menjual sahamnya di Apple dengan harga US$800 karena kegagalan di masa lalu dan takut akan ketidakpastian di masa depan.

Wayne menjual saham miliknya hanya setelah 11 hari Apple berdiri. Menurut laporan yang beredar, harga saham yang dijual Wayne itu kini bernilai sekitar US$40 milyar.

4. NASA rugi US$125 juta 

(foto : sen.com)

NASA merancang Mars Climate Orbiter yang awalnya bertujuan untuk mempelajari iklim di Mars. Sekitar $125 juta dikeluarkan untuk melaksanakan proyek tersebut. Sialnya, sebuah kesalahan matematika membuat NASA kehilangan kontak dengan wahana tersebut dan akhirnya hancur di Mars pada tahun 1999.

3. Tsar Alexander II menjual Alaska seharga $7,2 juta

(foto : akacceleratorfund.com)

Pada akhir abad ke-19, Kaisar Rusia Tsar Alexander II melihat Alaska hanyalah sebuah daratan luas yang tertutupi es. Karena takut wilayah itu akan diambil paksa oleh Amerika, ia kemudian menjualnya seharga $7,2 juta pada Maret 1867.

Karena saat itu nilai rubel dan dollar sama, tentu saja Rusia hanya mendapatkan sedikit uang serta kehilangan sumber daya alam yang bernilai milyaran dollar.

2. Salah ketik sebabkan kerugian US$225 juta

(foto : varchevbrokers.com)

Salah ketik mengubah nasib sebuah perusahaan di Jepang pada tahun 2003. Mizuho Securities ingin menjual 1 lembar saham J-Com seharga 610.000 yen (US$5.000), namun salah ketik seorang trader membuat angkanya terbalik hingga mereka menjual 610.000 saham seharga 1 yen.

Walau jumlah saham yang dimiliki oleh Mizuho Securities tak sebanyak itu, pasar saham tetap mensahkan penjualan tersebut dan tak menanggapi alasan Mezihu Securities. Karena kesalahan tersebut, perusahaan harus membayar rugi US$225 juta.

1. 20th Century Fox tak sengaja memberi milyaran dollar pada George Lucas

(foto : inquirer.com)

Tak menyadari potensi laba "Star Wars", 20th Century Fox memberi hak lisensi merk film Star Wars (1977) kepada sang sutradara George Lucas. Siapa sangka sekarang ini Star Wars telah diperkiran meraup keuntungan sebanyak US$ 20 miliar dari penjualan lisensi merk dan merchandise.
X