Kenapa Rel Kereta Api Dipenuhi Batu-Batu Kecil?

Rel kereta api (foto: Elitereaders)

Kereta api jadi transportasi umum yang bisa mengatasi masalah kemacetan karena punya lintasan sendiri. Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa di sekeliling rel kereta api dipenuhi batu-batu kecil?

Kenapa tidak menggunakana aspal atau beton agar rel kereta terlihat stabil? Asalkan Anda tahu, ada alasan kenapa rel kereta api dan sekelilingnya dipenuhi batu kecil bergigi. Salah satunya karena batu tidak perlu memakan biaya yang mahal untuk membuat pondasi rel kereta api.

(foto: Elitereaders)

Berbeda jika menggunakan beton atau aspal yang akan memakan biaya yang besar, tapi jika dengan batu, biaya yang dikeluarkan pun tidak besar. Walau sekedar batu, tapi ini efektif untuk membuat pondasi rel kereta yang kokoh.

Dikutip Wow Menariknya dari Elitereaders, batu-batu kecil ini disebut sebagai pemberat rel yang membuat rel kereta api tetap pada tempatnya. Memangnya rel kereta api bisa berpindah tempat?

(foto: Elitereaders)

Rel kereta api dapat berubah posisi karena panas matahari, udara dingin, getaran tanah atau bahkan ada rumput yang tumbuh di sekitar rel kereta api. Semuanya ini dapat membuat rel kereta api tidak stabil yang berdampak pada kecelakaan kereta api.

Nah, batu-batu kecil ini melindungi rel kereta dari elemen-elemen tersebut sehingga rel kereta tidak berubah posisi.
X