Kenapa Air Mata Suka Keluar Saat Menguap?

Ilustrasi menguap (foto: healthguru.com)

Air mata tak hanya keluar saat Anda sedang menangis, saat menguap pun terkadang air mata suka ikut keluar. Kira-kira tahu tidak kenapa Anda mengeluarkan air mata saat menguap? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho kenapa Anda mengeluarkan air mata saat menguap.

Saat kita sedang mengantuk berat, terus tiba-tiba menguap, air mata yang dikeluarkan bisa lebih banyak lagi, bahkan tampak seperti orang yang sudah menangis. Hal itu disebabkan karena adanya proses tekanan pada kelenjar air mata.

Kelenjar air mata sendiri terletak di bagian atas mata, atau tepatnya di bawah tulang alis. Ketika Anda menguap, kelopak mata secara otomatis akan menutup mata Anda rapat-rapat yang menyebabkan terjadinya tekanan pada otot mata Anda.

Tekanan otot di sekitar mata inilah yang menyebabkan air mata keluar, padahal Anda sama sekali tidak menangis.

Jadi, semakin banyak menguap, maka tekanan otot pun semakin kuat saja yang menyebabkan air mata keluar lebih banyak lagi.

Biasanya menguap terjadi karena tubuh Anda sudah kelelahan dan ingin tidur. Atau bisa saja menguap terjadi karena Anda tidak melakukan pekerjaan apapun dan merasa bosan.

Sumber: Keepo
X