Kegagalan Bukan Untuk Diratapi Tapi Dipelajari

(Foto: Getty Images)

Masa lalu, biarkanlah berlalu. Sepertinya hal itu sulit sekali dilakukan oleh sebagian orang yang masih dihantui oleh kegagalan yang pernah dilakukan di masa lalu atau sesuatu yang sangat menyakitkan di hati.

Selalu meratapi dan menangisi masa lalu yang sudah terlewat sama sekali tidak ada gunanya. Tapi kamu harus mempelajari kesalahan di masa lalu, coba temukan titik lemah kegagalan kamu, lalu ubahlah menjadi sebuah keberhasilan.

Namun nyatanya, banyak di antara kita yang susah sekali move on dan bergerak maju karena masih terantai kepedihan di masa lalu. Akibatnya, hidup kita seolah tidak memiliki gairah, kita seolah tidak memiliki tujuan hidup, dan lebih kronisnya lagi kita merasa sudah kehilangan harapan, seolah tidak ada hal yang pantas lagi diperjuangkan.

Dalam roda perputaran dunia ini, senang dan susah akan saling bergantian seperti siang dan malam. Yang perlu kita lakukan hanya tetap tersenyum dan semangat di saat senang maupun susah, sama halnya ketika siang dimana kita disinari matahari, dan malam disinari oleh lampu.

Kamu harus menemukan cahaya yang bisa menyemangati hati kamu di saat susah. Optimis, tetap bekerja keras, dan berdoa adalah lampu yang bisa menerangi hati kamu saat sedang susah.

(Foto: Dailydot.com)

Melirik ke belakang boleh-boleh saja, ada kalanya kamu mengingat masa lalu untuk dijadikan bahan pelajaran dan pertimbangan, tapi jangan terlalu lama.

Seperti ketika kita naik kendaraan, ada kalanya kita harus melihat spion jika tidak ingin celaka, tapi jangan terlalu lama, dan tetap fokus memperhatikan jalan di depan karena kamu sedang maju, bukan mundur. Jika kamu terlalu lama melihat spion untuk melihat ke belakang, sementara yang di depan tidak diperhatikan, sudah pasti kamu akan celaka. 

Mau tak mau, hidup kita itu maju seperti mobil. Jika terlalu lama meratapi masa lalu, hal itu hanya akan menyiksa hati kamu dan membuat hidupmu seolah tidak ada harapan lagi.

Yuk, jangan takut gagal hanya karena dulu pernah melakukan kegagalan. Apapun yang menyakitkan di masa lalu jadikan pembelajaran hidup buat kamu untuk membangun sesuatu yang baru.
X