Karang Kenek, Dusun 'Terkutuk' Yang Ada Di Indonesia

Ilustrasi desa terkutuk (Foto: Xcitefun.net)

Dusun Karang Kenek, yang terletak di Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Jawa Timur memiliki kisah misterius yang masih belum terpecahkan. Warga setempat percaya kalau dusun ini terkena kutukan.

Bagaimana tidak, selama puluhan tahun lamanya, dusun ini hanya dihuni oleh 26 kepala keluarga (KK). Karena penghuninya sedikit, dusun itu seperti kampung yang terpencil dan sangat sepi.

Usut punya usut, rupanya ada kepercayaan mistis kenapa di dusun yang terletak di dekat Pabrik Gula Olean itu hanya memiliki 26 KK saja selama puluhan tahun. Meskipun belum ada yang tahu pasti, tapi warga di sekitar percaya kalau Dusun Karang Kenek terkena kutukan.

Dusun Karang Kenek (Foto: Indocropscircles.wordpress.com)

Menurut mitos yang beredar, jika ada penduduk atau keluarga baru pindah ke dusun ini, maka sesuatu yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Warga setempat percaya akan ada bencana atau kematian jika KK bertambah di dusun ini.

Mengutip Solopos.com, Ketua RT Dusun Karang Kenek, Syaiful Arif, pernah mengatakan pada tahun 2012 lalu bahwa Dusun Karang seolah-olah tidak mau menerima warga baru.

Ia menceritakan kalau di dusun itu awalnya hanya ada dua rumah tapi keturunan pemilik rumah itu tidak mau pindah. Hingga suatu hari, rumah tersebut mau dipindahkan, dan tiba-tiba pemilik rumah jadi gila.

Entah benar atau tidak mitos ini, penduduk di sana tetap pecaya kalau tempat mereka tinggal tidak ingin ada penduduk baru lagi.
X