Jika Bulan 'Putus' Dengan Bumi, Apa Yang Akan Terjadi?

(foto: bibalex.org)

Bulan dan Bumi bagaikan sepasang kekasih yang saling menopang satu sama lain. Bulan memiliki peranan penting untuk menjaga keseimbangan Bumi.

Menurut penelitian, sejak terbentuk milairan tahun lalu, Bulan ternyata sudah bergerak 18 kali lebih jauh dari Bumi. Dalam kata lain, Bulan suatu saat nanti mungkin bisa menjauh dari Bumi dan bahkan bisa meninggalkan orbit Bumi.

Jika seandainya Bulan pergi meninggalkan Bumi, apa yang akan terjadi? Sama halnya dengan manusia ketika ditinggalkan kekasihnya, Bumi juga akan 'galau' dan kehilangan keseimbangannya.

Tanpa Bulan, Bumi akan mengalami pasang naik turun yang tidak teratur. Hitungan waktu di Bumi pun akan lebih panjang dari sebelumnya.

(foto: pintereset.com)

Gesekan antara permukaan Bumi dan permukaan air di atasnya akan membuat Bumi berputar lebih lambat. Sebab Bumi dan Bulan memiliki keterikatan yang sangat kuat dalam lingkup gravitasi termasuk rotasi.

Seandainya rotasi Bumi tidak teratur, Bumi akan berputar tidak teratur, kadang ke kiri kadang ke kanan. Pada akhirnya membuat Bumi tidak layak lagi dihuni oleh makhluk hidup.

Selain itu, jika Bulan meninggalkan Bumi, maka di Bumi akan terjadi aktivitas vulkanik yang dapat menyebabkan gempa Bumi besar dan juga letusan gunung berapi.

Namun para peneliti percaya Bumi dan Bulan berada dalam lingkaran keterkaitan yang sangat kuat sehingga sangat mustahil Bulan bisa meninggalkan Bumi.

Hebat bukan bagaimana setianya Bulan terhadap Bumi. Seharusnya cinta kalian sama pasangan sekuat Bulan dan Bumi.
X