Ini Alasan Kenapa Internet Butuh Kuota, Bukan Unlimited


Kemajuan zaman memang merubah aktivitas manusia. Semuanya memang menjadi lebih mudah, namun dibalik kemudahan tentu ada dampak sosial yang justru merubah perilaku sosial manusia.

Meski internet mempermudah aktivitas, namun kita tak bisa dengan gratisnya mengakses internet setiap saat. Di era digital ini, berkomunikasi bukan hanya menggunakan pulsa biasa saja namun juga menggunakan kuota internet.

Lalu apa sebabnya kita harus menggunakan kuota saat menggunakan internet dan kenapa tidak unlimited? Selain urusan bisnis, ternyata ada alasan lain dibalik semua itu yang lebih penting lagi. Berikut ulasannya.

1. Agar bisa mengontrol pengeluaran uang

Banyak paket kuota yang dijual di pasaran sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sesuai dengan harga kantong. Namun meski disediakan paket kuota dengan kapasitas besar kita tentu perlu mengontrol diri kita saat menggunakannya. Jangan sampai membiasakan diri menghabiskan banyak data yang akibatnya membuat kantong terkuras hanya untuk membeli kuota internet.

2. Untuk jadi alasan mengontrol diri

Selalu pantau banyaknya kuota internet yang dipakai. Jika telah melebihi batas kuota normal, hal itu menjadi ciri bahwa kita telah kecanduan internet atau smartphone. Tentu bukan rahasia lagi banyak dampak buruk yang kita dapatkan jika kecanduan smarthone.

3. Karena operator tidak dibiayai pemerintah

Tentu kita tidak asing dengan paket unlimited, maksud unlimited ini adalah batasan akses internet dengan kecepatan maksimum, jadi apabila kita sudah menggunakan internet di atas kuota yang ditentukan maka kecepatannya akan turun drastis meski kita bisa menikmatinya dengan gratis.

Lalu jika gratis, mengapa operator tetap menyediakan kuota? Operator tentu saja tak akan memberikan layanan secara gratis karena mereka tak dibiayai negara. Operator juga memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tentu saja mereka tak ingin rugi.
X