Derita Kelainan, Bayi Ini Terlahir Seperti Kakek Berusia 80 Tahunan

Bayi yang tampak seperti berusia 80 tahun (Foto: Daily Mail)

Seorang bayi laki-laki yang baru lahir di Magura, Bangladesh menderita kelainan langka yang membuatnya tampak seperti kakek-kakek yang sudah berusia 80 tahunan.

Kulitnya keriput dan kasar, matanya cekung, tubuhnya menyusut serta terdapat lapisan rambut tebal di punggungnya. Karena hal itulah bayi ini tampak seperti orang yang sudah sangat tua. Dokter percaya kalau bayi tersebut menderita penyakit progeria.

Penyakit ini hanya mempengaruhi satu dari empat juta anak-anak. Biasanya, penyakit progeria akan membuat kondisi tubuh penderitanya jauh lebih tua dari usia sebenarnya.

"Bayi ini tidak terlihat seperti baru dilahirkan sama sekali," kata seorang dokter yang merawat bayi tersebut, seperti dilansir Daily Mail.

(Foto: Daily Mail)

Walau tidak terlahir sempurna, orangtua bayi tersebut mengaku tak bisa menahan kebahagiaan ketika melihat anaknya lahir dengan selamat dan menganggapnya sebagai keajaiban.

"Kami hanya bisa bersyukur kepada Tuhan. Tidak perlu menjadi bahagia tentang penampilan anak saya," kata ayah bayi itu, Biswajit Patro.

"Kami akan merimanya dengan cara dia. Kami sangat senang bisa memiliki bayi laki-laki di rumah," tambahnya.

(Foto: Daily Mail)

Anak dari Patro dan istrinya, Parul itu telah membuat banyak orang penasaran. Warga setempat berbondong-bondong datang ke rumah Patro hanya untuk melihat anaknya.

Menurut dokter, anak yang menderita penyakit progeria tidak akan bisa hidup sampai usia 13 tahun, tapi Patro dan istrinya optimis bahwa anaknya bisa hidup normal dan mereka berjanji akan merawatnya dengan baik.

(Foto: Daily Mail)

Progeria itu sendiri juga dikenal sebagai Sindrom Progeria Hutchinson-Gilford (HGPS) yang disebabkan oleh kesalahan tunggal dalam gen yang menyebabkan protein tumbuh secara abnormal.

Ketika sel-sel mulai menggunakan protein progerian, maka hal itu bisa dengan mudah memecah protein tersebut dan menyebarkannya di seluruh sel tubuh anak-anak. Hingga akhirnya membuat penderita penyakit ini tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Namun sejauh ini dokter belum tahu obat apa yang bisa mengatasi penyakit bayi itu agar ia tumbuh tua pada masanya.
X