Cara Anti-Mainstream Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk

Ilustrasi ngantuk (foto: newhealthadvisor.com)

Manusia memang memiliki batas saat melakukan suatu pekerjaan. Terkadang kita sering merasa kelelahan atau mengantuk saat tengah mengerjakan sesuatu.

Saat rasa kantuk datang, tentu saja itu bisa mempengaruhi pekerjaan kita. Kantuk bisa menghilangkan kosentrasi yang ada dalam otak hingga membuat Anda tidak fokus melakukan pekerjaan. Jika fokus sudah hilang, sudah pasti hasil pekerjaan akan berantakan.

Memang bukan hal yang mudah untuk menghilangkan rasa kantuk. Bila Anda sudah membasuh wajah tapi rasa kantuk masih ada, coba cara yang lain yang anti-mainstream. Lalu bagaimana cara mencegah atau menghilangkan rasa ngantuk secara efektif namun dengan hal yang tak biasa?

1. Berdiri terbalik

Posisi seperti ini biasanya dilakukan oleh para biksu untuk menahan kekuatan kepala dan melancarkan aliran darah. Badan posisi terbalik, kepala di bawah dan kaki di atas dengan bersandar pada tembok cukup dilakukan beberapa detik saja. Buatlah posisi senyaman mungkin.

Karena aliran darah berkumpul di kepala, otomatis darah akan kembali bergerak turun ketika kita kembali ke posisi normal.

2. Berteriak dalam air

Dengan berteriak, kita-kan melepaskan segala emosi dan beban yang terpendam. Namun untuk mengurangi rasa kantuk, kita tidak hanya asal berteriak tapi berteriak dalam air. Semakin banyak air yang masuk ke dalam mulut, maka mata akan semakin 'melek'.

3. Mencubit

Cara ini sebenarnya sudah biasa dilakukan saat seseorang tengah mengantuk Namun, cara ini tetap bisa menjadi pilihan saat kita merasa ngantuk. Caranya, mintalah seseorang untuk mencubit pipi atau tangan saat kita merasa ngantuk. Refleks saat merasakan kaget dan sakit akan membuat kita terbangun.

4. Menyikat gigi

Hal mudah seperti menyikat gigi ternyata dapat juga menghilangkan rasa kantuk. Hal ini dikarenakan kesegaran yang terdapat dalam gel pasta gigi akan merespon syaraf gigi ke otak dan akan menjadikan pikiran segar kembali.

5. Mencoba rasa dan hal baru

Kita cenderung melakukan hal-hal yang sama setiap harinya. Hal inilah yang membat kita merasa bosan, lelah dan mengantuk Untuk menghindari atau mengurangi rasa ngantuk tersebut, cobalah melakukan hal-hal baru yang tak biasa.

Bukan hanya hal baru, coba juga rasa baru. Jika kamu suka makanan manis, cobalah beberapa makanan dengan rasa baru seperti pedas misalnya. Otomatis, tubuh akan menerima 'kejutan' sehingga tak lagi merasa ngantuk.
X