7 Tips Cara Bikin Video Digital Kreatif Ala Raditya Dika


Siapa yang ga kenal Raditya Dika?? Dia adalah seorang actor, comic, model, bintang iklan, penulis terkenal, serta sutradara terkenal. Pada kesempatan ini, Radit akan berbagi tips bikin video digital yang kreatif. Kalau kalian pengen nonton video lengkapnya, langsung aja kunjungin link ini.

1. Ide yang menarik

Sebelum bikin kalian bikin video digital, temukan dulu ide semenarik mungkin supaya video kalian menarik dan orang tertarik untuk menonton. Cara paling gampang untuk menemukan ide menarik adalah cari tau kegelisahan atau keresahan diri kalian.

Apapun keresahan kalian itu bisa menjadi salah satu ide yang menarik. Mau itu keresahan tentang keluarga, pekerjaan atau pun keresahan masalah cinta. Kenapa kegelisahan sendiri bisa dijadikan ide menarik? Karena kegelisahan kalian pasti dirasakan juga oleh banyak orang, sehingga video yang kalian bikin mengundang orang untuk menonton.

2. Biasakan tulis dulu naskahnya

Naskah sangat penting dalam pembuatan video. Jangan sampe kalian shooting tapi bingung mau ngomong apa. Dengan adanya naskah, alur pembuatan video kalian akan teratur dan kalian juga tau apa inti yang akan di omongkan. Intinya ga ada tulisan berarti ga ada video.

3. Relakan diri kamu menulis sesuatu yang jelek

Jangan takut nulis jelek, karena tulisan yang jelek bisa diperbaiki. Intinya sederhana “satu lembar tulisan jelek masih bisa untuk diperbaiki tapi satu lembar kertas kosong ga ada yang bisa diperbaiki”.

4. Kasih tahu hasil tulisan kalian ke temen-temen

“pamer?” bukan... Tujuannya adalah supaya kalian tau kekurangan tulisan yang udah kalian bikin. Semakin banyak yang ngasih saran untuk perbaikan maka tulisan kalian akan semakin bagus.

5. Jangan takut punya alat seadanya

Bikin video ga semata-mata urusan alat, tapi yang paling penting adalah konten atau isi dari video kalian. Percuma alat kalian bagus tapi video kalian isinya jelek. Jadi jangan takut untuk memulai meskipun alat kalian seadanya.

Kalau dengan alat seadanya kalian bisa bikin video yang bagus, nantinya jika ada kesempatan pake kamera yang lebih bagus maka kalian sudah punya dasar-dasar untuk mengambil video yang bagus sehingga hasil video kalian akan jauh lebih bagus.

6. Bebaskan diri untuk improvisasi dilapangan

Banyak hal yang bisa terjadi ketika kalian melakukan pengambilan gambar di lapangan. Jangan kaku, lakukan improvisasi, bebaskan diri kalian. Jangan terlalu terpaku pada naskah yang udah kalian bikin. Banyak orang takut untuk melakukan hal-hal yang baru di lapangan karena terpaku pada naskah.

Justru hal itu akan membatasi kreativitas kalian. Jadikan naskah hanya sebatas patokan supaya video kalian tidak keluar dari tema awal pembuatan video.

7. Lihat dan pelajari lagi video yang udah jadi untuk perbaikan selanjutnya.

Cari tau apa kekurangan dan kesalahan dalam video yang udah kamu bikin. Sehingga ketika kamu bikin video lagi, kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Supaya video kamu ga cuma ditonton sendiri, kamu bisa upload video kreatif kamu channel.loop.co.id. LOOP channel merupakan portal tempat anak-anak kreatif mencurahkan karyanya yang bisa banyak menginspirasi banyak orang dalam bentuk video. Disini kamu bakal nemuin banyak video yang keren-keren dengan topik yang kita banget.

Selain itu di LOOP channel kamu juga bakal nemuin video-video dari event yang pernah diadakan oleh LOOP. Salah satu event yang sedang diadain LOOP tahun ini adalah LOOP KePo challenge 2016.

Jadi tunggu apalagi, segera praktekan 7 tips dari Radit dan upload karya kamu semua di LOOP channel supaya bisa menginspirasi banyak orang. Untuk info lebih lanjut mengenai LOOP KePo challenge 2016 kamu bisa lihat di http://loop.co.id/kepo.

Ini adalah artikel bersponsor, jika kalian tertarik untuk memasang artikel sponsor silahkan hubungi kami di Contact Us.
X