6 Misteri Di Indonesia Yang Masih Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Piramida Sadahurip di Garut (foto: babadkasundan.wordpress.com)

Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya akan budaya dan sumber daya alamnya. Selain itu, Indonesia juga kaya akan misteri yang sampai sekarang belum bisa terpecahkan, bahkan oleh para ilmuwan.

Misalnya saja Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, yang misteri arsitektur bangunannya masih belum terpecahkan. Kemudian ada gunung mirip piramida di Garut yang diduga lebih tua dibandingkan dengan Piramia Giza di Mesir.

Selain itu, masih banyak lagi misteri di Indonesia yang belum terpecahkan sampai sekarang oleh ilmu pengetahuan. Para ilmuwan dari berbagai negara pun terus berusaha menguak beberapa misteri yang ada di Indonesia ini.

Berikut 6 misteri di Indonesia yang masih belum terpecahkan sampai sekarang, seperti dirangkum Wow Menariknya dari berbagai sumber.

6. Manusia Hobit Flores

(foto : elshinta.com)
Jika kamu pernah menonton film legendaris "The Lord of The Ring" atau "The Hobbit", tentu tahu bahwa hobit merupakan sejenis makhluk kerdil. Kita mungkin mengira bahwa hobit hanya terdapat dalam film saja, namun jangan salah, ternyata Indonesia pernah dihebohkan dengan penemuan fosil yang tak biasa.

Pada tahun 2013, sebuah gua kapur di Flores diteliti oleh sekelompok arkeolog dan mereka menemukan fosil wanita purba yang diperkirakan berusia 18.000 tahun. Yang mengherankan adalah ukuran fosil ini lebih kecil dibandingkan ukuran manusia biasanya.

Para ahli pun akhirnya berargumen siapa dan apa sebenarnya fosil ini. Namun ahli arkeolog terkemuka berpendapat bahwa fosil yang ditemukan merupakan nenek moyang baru manusia berjenis homo floresiensis yang diperkirakan mengalami isolasi sehingga tubuhnya mengerdil.

5. Suku Lingon, Manusia Bermata Biru

(foto : mobile.fourlook.com)
Suku Lingon merupakan suku yang tinggal di sekitar kepulauan Halmahera bagian selatan. Mereka mendiami hutan belantara dan terkadang keluar untuk mencari makan. Masyarakat suku Lingon memiliki tubuh tinggi besar, berkulit putih dan bermata biru.

Jika diperhatikan secara fisik, mereka seperti bukan berasal dari Indonesia melainkan lebih kepada ras orang kulit putih. Banyak yang berpendapat bahwa suku ini merupakan bangsa Eropa yang kapalnya karam di pesisir Halmahera, namun hal ini masih belum bisa dipastikan karena suku Lingon yang kini sudah punah di daerah tersebut.

Di masa lalu, penduduk lokal menganggap bahwa suku Lingon adalah penduduk yang jahat karena mereka adalah kanibal dan memiliki ilmu sihir. Namun para wanitanya memiliki paras cantik yang kerap kali ditangkap untuk dinikahi.

4. Situs Gunung Padang

(foto : sebandung.com)
Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat merupakan situs megalitikum di Asia Tenggara. Situs ini memiliki luas wilayah 20 kali wilayah Candi Borobudur dengan ketinggian mencapai 220 meter. Hingga kini para ahli masih terus menggali dan meneliti untuk menemukan fakta baru siapa dibalik pembuatan situs terbesar ini dan pada era mana situs ini dibuat.

Banyak peneliti yang berpendapat bahwa situs ini merupakan situs yang lebih tua jika dibandingkan Candi Borobudur. Ada juga yang berpendapat bahwa situs ini usianya sama dengan piramida Mesir. Meski belum terungkap misteri dibaliknya, situs Gunung Padang menjadi salah satu tempat wisata favorit dan juga menjadi tempat kegiatan supranatural.

3. Suku Berekor dari Kalimantan

(foto : forum.suara.com)
Seorang naturalis asal Norwegia, Carl Alfred, menjelajahi Kalimantan pada 1789 dan ia mendengar bahwa di sana terdapat suku berekor. Carl kemudian meminta penduduk lokal untuk menemukan tempat tinggal suku berekor tersebut.

Sayangnya Carl tak berhasil menemukan suku tersebut meski ia telah keluar masuk hutan. Meski demikian, penduduk lokal mempercayai keberadaan suku tersebut, bahkan diantara mereka ada yang pernah melihatnya.

2. Piramida Sadahurip di Garut

(foto : blogspot.com)
Di Garut, Jawa Barat, dietemukan sebuah piramida misterius yang disebut Gunung Sadahurip oleh orang-orang setempat. Awalnya gunung ini dianggap bukit atau gunung biasa oleh masyarakat setempat, namun jika diperhatikan, gunung ini berbentuk mirip seperti piramida.

Peneliti masih melakukan pemetaan tentang misteri piramida ini. Beberapa peneliti berpendapat bahwa piramida ini lebih tua jika dibandingkan dengan Piramida Giza di Mesir. Hingga kini Piramida Sadahurip masih belum diketahui siapa pembuatnya dan meski para peneliti yakin bahwa ini adalah buatan manusia.

1. Candi Borobudur

(foto : boeddhistischdagblad.nl)
Salah satu situs yang telah dikenal hingga mancanegara Candi Borobudur ternyata menyimpan misteri yang sulit digali. Menurut para ahli, dari segi matematika beberapa bilangan dari Candi Borobudur jika dijumlahkan maka hasilnya adalah satu.

Bukan hanya itu, Candi Borobudur juga sempat dinyatakan hilang akibat letusan gunung Merapi pada tahun 1006, namun akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1814 di dalam hutan belantara tropis.

Selain itu, fakta geologi lain menyatakan bahwa candi ini didirikan di tengah danau purba karena ahli arkeolog berpendapat akan adanya sumur air asin di beberapa titik tertentu. Namun hingga saat ini misteri tentang sumur tersebut atau misteri tentang pembuatan candi megah ini masih belum terpecahkan.
X