6 Hal Yang 'Haram' Anda Lakukan Setelah Makan

Ilustrasi makan buah (foto: mfirsthome.com)

Makan merupakan hal yang sangat wajib dipenuhi oleh semua orang. Jika Anda ingin terbebas dari gangguan kesehatan, ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari setelah makan.

Melakukan beberapa kegiatan ini seperti merokok, minum teh atau mandi ternyata sangat 'diharamkan' dilakukan setelah makan. Alasannya bisa menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan.

Langsung saja, berikut enam hal yang 'haram' Anda lakukan setelah makan, seperti dilansir Wow Menariknya dari The Crazy Facts.

1. Merokok

Rokok memang memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Merokok setelah makan atau sebelum sangat dilarang karena kandungan nikotin dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan menyebabkan penyerapan karsinogen lain pada tubuh.

2. Makan Buah

Buah memang sangat baik untuk dikonsumsi. Banyak orang lebih memilih makan buah untuk mencucui mulut. Tapi ternyata itu kurang baik. Sebab, buah-buahan membutuhkan enzim yang berbeda untuk dicerna, sehingga mereka tidak akan bisa diserap dengan baik oleh tubuh bila dikonsumsi setelah makan. Hal itu hanya dapat merusak nutrisi makanan yang kita konsumsi.

3. Minum Teh

Teh atau kopi memiliki manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas atau sedang. Disarankan oleh sebagian besar ahli gizi bahwa teh tidak baik dikonsumsi setelah makan, teh sebaiknya dikonsumsi setidaknya satu jam setelah makan.

4. Mandi

Menunggu 30 menit setelah makan untuk mandi adalah saran terbaik yang bisa anda lakukan. Pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah dalam tubuh kita. Tetapi ketika kita mandi akan menghambat aliran dalam tubuh kita sehingga tidak baik bagi kesehatan dan membuat makanan sulit dicerna.

5. Berjalan Kaki

Hal yang harus dihindari setelah makan adalah berjalan kaki atau melakukan latihan yang berat karena dapat menyebabkan refleks asam, cegukan, mual, dan lainnya. Anda dapat pergi untuk berjalan-jalan setelah makan, minimal 30 menit setelah makan.

6. Tidur

Ketika Anda berbaring, banyak cairan pencernaan yang berjalan berlawanan arah . Hal tersebut dapat menganggu alur makan ke pencernaan menjadi terganggu. Sensasi terbakar yang Anda dapatkan ketika Anda berbaring setelah makan.
X