5 Makanan Yang Ampuh Usir Rasa Lelah Dalam Sekejap

Ilustrasi kelelahan (foto: Lifejacks.com)

Jika Anda sering tiba-tiba merasa lelah pada siang hari, Anda harus waspada karena berkurangnya stamina dapat mempengaruhi pekerjaan Anda. Hal itu mungkin saja terjadi karena Anda tidak mendapatkan istirahat yang berkualitas, dan juga diet ketat yang Anda lakukan bisa saja menjadi pemicu kelelahan sering terjadi.

Tidur dengan waktu yang cukup pada malam hari dapat menjadi solusi dari kelelahan tersebut dan juga Anda harus memperhatikan beberapa asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Beberapa makanan ada yang memberikan energi pada tubuh Anda dalam jumlah yang besar sehingga Anda tidak mudah lelah.

Melansir situs Lifejacks.com, berikut lima makanan yang ampuh untuk mengusir rasa lelah yang Anda alami di tengah-tengah mengerjakan tugas.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Antioksidan yang dikandung oleh kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu menjaga dan mencegah penuaan fungsi kognitif Anda dan juga dapat memerangi radikal bebas.

Penelitian yang dilakukan oleh AS Agricultural Research Service menemukan bahwa kekurangan magnesium menyebabkan peningkatan penyerapan oksigen selama kita beraktivitas, oleh karena itu membuat Anda menggunakan lebih banyak energi dan lebih mudah merasa lelah. Masalah ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan ngemil beberapa biji labu kaya magnesium.

Kekurangan asam lemak omega-3 memperburuk gejala kelelahan. Mengkonsumsi biji-bijian setiap hari dapat membantu Anda dengan mudah meningkatkan asupan asam lemak omega-3 yang dapat mengatasi masalah kelehan tanpa menambah banyak kalori untuk diet Anda.

2. Dark chocolate

Makanan manis ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan energi. Peneliti dari Hull York Medical School memiliki 10 pasien dengan Sindrom Kelelahan kronis. Kelompok pertama makan 45 gram cokelat selama 2 bulan. Satu kelompok lagi menerima cokelat putih. Kelompok pertama menunjukkan hilangnya kelelahan secara signifikandibandingkan dengan kelompok yang makan cokelat putih.

Polifenol yang terkandung oleh dark chocolate mungkin bertanggung jawab untuk mengurangi tingkat kelelahan karena mereka dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan mood di otak, kata peneliti.

3. Yogurt

Yogurt hadir sebagai makanan super dan obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, yogurt juga membantu melancarkan pencernaan karena mengandung bakteri hidup yang dikenal sebagai probiotik. Yoghurt mengandung jenis bakteri baik yang merupakan bagian penting di usus kita.

Ketika pencernaan Anda tidak bekerja dengan baik, penyerapan nutrisi menjadi terganggu sehingga dapat membuat Anda merasa lelah. Cobalah untuk mendapatkan beberapa probiotik dari makanan alami seperti yogurt setiap hari untuk menjaga sistem pencernaan Anda berjalan baik dan juga energi Anda tetap terjaga.

4. Secangkir teh

Teh mengandung kombinasi khusus kafein dan asam amino yang dikenal sebagai l-theanine. Teh ini jauh lebih baik untuk meningkatkan kognisi dari kafein saja, menurut sebuah studi. Jadi, jangan minum kopi ketika Anda merasa lelah, tetapi cobalah minum secangkir teh yang akan lebih ampuh usir rasa lelah.

5. Makanan kaya akan Vitamin C

Vitamin C bertanggung jawab untuk mengurangi kadar kortisol atau juga dikenal sebagai hormon stres. Sertakan dalam diet harian Anda makanan yang kaya akan Vitamin C seperti jeruk dan paprika merah untuk menjaga kadar kortisol di bawah kontrol.
X