5 Hewan Purba Yang Masih Bisa Ditemukan Di Indonesia

Ilustrasi nenek moyang komodo (foto: blogspot.com)

Untuk menemukan atau melihat hewan purba biasanya kita pergi ke museum atau melihatanya melalui internet karena keberadaan mereka yang telah punah dan hanya meninggalkan fosil belaka.

Namun, bagi Anda yang penasaran dengan bagaiman sebenarnya bentuk asli hewan purba, jangan khawatir. Ternyata di Indonesia masih ada beberapa hewan purba yang masih hidup hingga sekarang meski populasi mereka terancam punah.

Entah bagaimana hewan-hewan purba ini masih hidup sampai sekarang, sementara nenek moyang mereka sudah punah sejak jutaan tahun lalu. Namun para ahli percaya kalau hewan-hewan ini adalah hewan purba. Dan kabar baiknya lagi, hewan-hewan purba ini masih bisa ditemukan di Indonesia. Berikut seperti dilansir Wow Menariknya lima hewan purba yang masih bisa ditemukan di Indonesia.

5. Komodo

(foto : komodo.travel)

Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba, hidup dan berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun lalu. Menurut para ahli, komodo merupakan kerabat dekat dinosaurus karena adanya kemiripan struktur tubuh komodo dengan fosil-fosil yang diperkirakan fosil dinosaurus.

4. Penyu Belimbing

(foto : bbc.co.uk)

Jenis penyu terbesar ini telah mendiami bumi sejak 100 juta tahun silam. Beratnya bisa mencapai 900 kg dengan panjang sekitar 1-2 meter. Berbeda dengan penyu lainnya, penyu belimbing tak memiliki karapas keras. Penyu belimbing memiliki kebiasaan menjelajah berbagai wilayah di bumi.

Jika penasaran, Anda bisa menemukan penyu ini di Pantai Jamursba Medi dan Warmon yang terletak di Utara Kepala Burung, Papua Barat, Distrik Abun Kabupaten Tambrauw.

3. Ikan Arwana

(foto : satwapedia.com)

Ikan Arwana termasuk dalam hewan purba karena diperkirakan telah ada sejah 220 juta tahun lalu. Ikan Arwana merupakan ikan karnivora yang mendiami sungai dan danau berair tenang. Ikan Arwana juga bisa ditemukan di perairan tawar di Indonesia.

2. Belangkas

(foto : lowyat.net)

Hewan mirip kepiting ini merupakan hewan artopoda yang hidup di perairan dangkal dan kawasan mangrove. Hewan ini diperkirakan telah hidup sekitar 400-250 juta tahun lalu. Menurut para ahli, bentuknya yang sekarang sedikit berbeda dengan bentuk nenek moyang belangkas pada zaman dahulu.

1. Trenggiling

(foto: gamesiana.com)

Hewan pemakan serangga ini banyak ditemukan di Provinsi Jambi. Rambut trenggiling termodifikasi sehingga menjadi semacam sisik yang juga digunkaan untuk pertahanan diri. Trenggiling akan menggulung badannya jika ia merasa terancam. Trenggiling biasanya hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Meski memiliki tubuh mirip reptil, trenggiling ternyata hewan mamalia.
X