5 Fakta Miris Tentang Negara Bangladesh

(foto: espa.ac.uk)

Bangladesh, salah satu negara di Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan Myanmar ini memutuskan koalisinya dengan Pakistan dan menyatakan diri sebagai negara yang merdeka pada tahun 1971.

Bukan rahasia lagi jika Bangladesh merupakan negara dengan kekayaan tempat wisata mulai dari tradisional hingga modern. Namun dibalik kekayaan tersebut, Bangladesh ternyata dirundung masalah kependudukan, kemiskinan hingga kehidupan bawah tanah yang muram.

Dilansir Wow Menariknya, berikut beberapa fakta miris tentang negara Bangladesh, mulai dari negara dengan tarif prostitusi termurah di dunia sampai maraknya perdagangan manusia.

5. Negara dengan tarif prostitusi termurah di dunia

(foto: thediplomat.com)

Akibat lapangan pekerjaan yang semakin sedikit sedangkan pertumbuhan laju penduduk yang cepat membuat banyak masyarakat menjalani pekerjaan prostitusi demi mencukupi kebutuhan hidup. Jika di negara lain tarif prostitusi dipatok dengan harga tinggi, di Bangladesh para pria hidung belang cukup membayar tujuh ribu rupiah saja. Meski demikian bisnis prostitusi ini masih tumbuh subur di negara tersebut.

4. Kepadatan penduduk yang luar biasa

(foto: shahidulnews.com)

Dalam 10 tahun terakhir, Bangladesh mengalami lonjakan penduduk mencapai 30% dari hanya 130 juta jiwa menjadi 156 juta jiwa. Jika diukur dari luas wilayah dari keseluruhan negara Bangladesh, maka jumlah penduduk di negara ini tentu saja dinyatakan padat.

3. Maraknya praktik penjualan manusia

(foto: emgn.com)

Bangladesh kerap kali disebut negara pusat praktik penjualan manusia, hal ini dikarenakan maraknya praktik tersebut untuk melepaskan masyarakat dari jerat kemiskinan. Bahkan harga seorang manusia di sana bisa dibilang sangatlah murah.

Para korban ini biasanya akan diperjual belikan sebagai seorang pekerja murah ke berbagai negara. Mirisnya ada banyak keluarga yang sengaja menjual anggota keluarganya demi mendapatkan uang. Kasus lain biasanya mereka menjual anak gadis mereka. Menurut masyarakat Bangladesh menjual anak gadis mereka bisa dibilang cukup menguntungkan karena minat pasar dengan harga yang menurut mereka cukup tinggi yitu sekitar 3 juta rupiah.

2. Penuh bencana

(foto: suggest,keywords.com)

Bukan hanya masalah kemiskinan dan masalah kependudukan, Bangladesh juga termasuk negara yang tak pernah absen dari serang bencana. Meski tanah di negara ini bisa dibilang subur, tetap saja Bangladesh sulit untuk bangkit setelah terkena bencana.

Sebut saja banjir, dengan musim hujan yang lembab serta kontur tanah yang berada di 12 meter di bawah permukaan laut membuatnya rawan akan banjir. Bukan hanya banjir, angin tornado pun kerap kali menerpa Bangladesh.

1. Negara dengan penduduk paling muram di dunia

(foto: flickr.com)

Di Bangladesh sebuah senyuman merupakan tanda ketidak dewasaan. Karena itu masayarakat di negara tersebut biasanya bertampang serius atau muram dalam kesehariannya. Anggapan ini bukan berarti membuat masyarakat Bangladesh tidak pernah tersenyum. Mereka tentu saja tersenyum saat megalami kebahagiaan namun bisa dibilang sangatlah jarang.

Sumber: Boombastis
X