5 Cara Cerdas Bedakan Produk Kosmetik Yang Asli Dan Palsu

(foto: Bright Side)

Kaum perempuan tidak akan pernah lepas dari makeup sampai kapan pun. Pantas saja jika bisnis produk kosmetik sangat menguntungkan bagi produsen. Tapi di luar sana banyak sekali penjual nakal yang memalsukan merek produk kosmetik dan menjualnya dengan harga murah.

Memang bukan rahasia lagi banyak produk kosmetik yang dipalsukan dan mengatasnamakan merek tertentu. Yang jadi masalah, produk kosmetik palsu bisa menimbulkan bahaya yang nyata bagi kesehatan kulit Anda dan masalah lainnya.

Oleh sebab itu Ladies, kalian harus pandai-pandai memilih produk kosmetik dan bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Jika kalian tidak tahu cara untuk membedakan mana produk kosmetik yang asli dan yang palsu, simak tips-tipsnya berikut ini yang dilansir Wow Menariknya dari Bright Side.

5. Beli kosmetik dari pengecer resmi

(foto: Bright Side)

Sebelum Anda membeli produk kosmetik, pastikan Anda membelinya di toko kosmetik yang resmi dan bersertifikat. Anda jangan membelinya di tempat-tempat yang terlihat kumuh atau dari pengecer jalanan.

Akan tetapi banyak pula toko kosmetik nakal yang kadang menjual produk palsu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perhatikan saja harganya. Jika ada diskon yang terlalu besar, kemungkinan besar produk tersebut palsu. Pilih saja produk kosmetik yang mahal.

4. Periksa barcode, nomor seri, dan informasi manufaktur

(foto: Bright Side)

Jika produk kosmetik palsu, biasanya hanya terdapat 2 sampai 3 digit barcode yang tak sesuai dengan negara asalnya. Nomor seri nya juga terkadang hilang beberapa angka. Jadi, pastikan nomor seri nya sesuai dengan kotak bungkus produk bersangkutan.

Selain itu, prouk kosmetik yang otentik sering menambahkan informasi yang cukup panjang dan diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Jika produk kosmetik yang hendak dibeli memberikan sedikit informasi, besar kemungkinan produk tersebut palsu.

3. Periksa nuansa produk

(foto: Bright Side)

Produk kosmetik eye shadow, blushes, dan lipstik yang palsu biasanya memberikan nuansa yang tidak digunakan dalam produk otentik. Untuk menghinari yang palsu, coba periksa di situs web untuk melihat warna produk kosmetik yang asli.

2. Perhatikan bau dan kosistensi produk

(foto: Bright Side)

Kosmetik krim seharusnya tidak mengandung kotoran apapun. Lipstik palsu biasanya terlihat kurang jelas dan kurang menarik jika dilihat. Sementara sebuah produk kosmetik yang asli selalu memiliki bau yang ringan tapi tidak menyengat. Jadi, jika produk kosmetik memiliki bau yang berat dan terlalu wangi, maka produk tersebut palsu.

1. Tes produk sebelum membeli

(foto: Bright Side)

Anda jangan ragu untuk mencoba produk kosmetik sebelum membeli di toko-toko. Produk kosmetik seperti eye shadow dan blushes yang asli tidak akan meninggalkan bekas yang terlalu nampak atau luntur. Sebuah lipstik asli harus terasa lembut dan merata ketika diaplikasikan.
X