4 Banjir Terbesar Yang Terjadi Di Indonesia Dalam Satu Dekade Terakhir

Ilustrasi banjir besar (Foto: ANTARA)

Bencana banjir sudah biasa terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah padat penduduk seperti Jakarta. Pada dasarnya banjir terjadi karena perbuatan manusia itu sendiri yang tidak merawat lingkungan dengan baik.

Dalam satu dekade terakhir, beberapa daerah di Indonesia pernah dilanda banjir besar yang membuat ribuan jiwa kehilangan tempat tinggalnya dan puluhan orang meninggal dunia. Selain itu, banjir membuat beberapa daerah ini lumpuh total karena air terus menggenang selama beberapa hari.

Banjir-banjir besar ini terjadi lantaran curah hujan yang tinggi ditambah prilaku manusia yang tidak menjaga lingkungan dengan baik. Langsung saja, berikut seperti dihimpun Wow Menariknya lima banjir terbesar yang pernah terjadi di Indonesia dalam satu dekade terakhir.

4. Banjir Bandang di Garut (2016)

(foto: BNPB)

Meluapnya air Sungai Cimanuk karena curah hujan yang tinggi membuat beberapa wilayah di daerah Kabupaten Garut dilanda banjir bandang pada Selasa (20/9/2016) sampai Rabu (21/9/2016).

Sejauh ini, tercatat korban tewas yang sudah ditemukan oleh tim pencari berjumlah 33 orang, dua di antaranya masih belum diidentifikasi. Selain itu, masih ada 20 orang lainnya yang dilaporkan masih menghilang.

Banjir bandang yang terjadi di Garut membuat ratusan orang mengungsi karena rumah mereka ada yang rusak total, sebagian lagi ada yang belum bisa dihuni kembali. Sekolah yang tekena banjir terpaksa harus diliburkan untuk sementara.

3. Banjir di Jateng (2016)

(foto: BBC)

Bulan Juni 2016 lalu, banjir dan longsor membuat ribuan rumah hancir di 16 daerah di Jawa Tengah. Salah satunya di Solo, di mana banjir yang disebabkan oleh hujan deras membuat sekitar 1.000 warga harus dievakuasi.

Dikutip BBC, setidaknya ada sekitar 24 orang yang meninggal dalam bencana alam ini dan puluhan orang lainnya menghilang.

2. Banjir Manado (2014)

(Foto: banyumasnews.com)

Bencana banjir bandang pernah meluluhlantakkan Kota Manado pada 15 Januari 2014 lalu. Banjir yang menimpa empat wilayah di Sulawesi Utara ini menyebabkan puluhan ribu orang harus mengungsi karena rumah mereka tergenang air.

Tercatat, ada 19 orang yang meninggal dalam bencana banjir bandang ini. Penyebab banjir dikarenakan hilangnya hutan dan sungai-sungai kecil di sekitar Manado, serta rusaknya daerah resapan karena pembangunan yang serampangan.

1. Banjir Jakarta (2013)

(Foto: rovicky.wordpress.com)

Banjir hampir setiap tahunnya terjadi di Jakarta ketika musim hujan tiba. Tapi banjir pada Februari 2013 lalu di Jakarta tercatat sebagai yang terparah yang pernah melumpuhkan ibukota negara Indonesia ini.

Bencana banjir yang terjadi pada era Gubernur DKI Joko Widodo ini menyebabkan 20 orang meninggal dan sekitar 33.500 orang mengungsi. Ketika itu, banjir hampir membuat seluruh pusat kota lumpuh. Air banjir bahkan menggenangi kawasan Sudirman termasuk Bundaran Hotel Indonesia.
X