Waspadalah Jika Ada Bercak Putih Di Tenggorokan Anda, Bisa-Bisa Anda...

Ilustrasi tenggorokan (foto: Boldsky)

Jika Anda merasa tidak nyaman atau merasakan nyeri di tenggorokan dan Anda melihat ada bercak putih di sekitar tenggorokan, sebaiknya Anda waspada. Sebab Anda bisa saja mengalami masalah serius yang berkaitan dengan tenggorokan.

Seperti yang kita tahu, tenggorokan adalah jalan awal yang mengarah ke usus atau perut. Jadi, jika tenggorokan terinfeksi, akibatnya bisa berdampak pada organ tubuh lain seperti usus.

Ada banyak penyebab infeksi di tenggorokan yang ditandai dengan becak putih. Misalnya saja karena rokok, virus, infeksi bakteri, polusi atau gangguan pencernaan. Nah, jika Anda menemukan bercak putih di tenggorokoan, Anda harus waspada karena siapa tahu Anda mengalami beberapa masalah serius ini.

1. Radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah satu jenis infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Radang tenggorokan dapat menyebabkan demam, bengkak di tenggorokan dan munculnya bercak-bercak putih di sekitar tenggorokan Anda.

2. Amandel

Bercak putih di tenggorokan juga bisa menjadi tanda bahwa Anda punya amandel. Kondisi ini bisa membuat Anda demam dan sakit kepala karena amandel menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening.

3. Batu amandel

Kondisi ini sama dengan amandel biasa, hanya saja batu amandel terbentuk di bagian dalam tenggorokan Anda yang membentuk bercak putih. Batu amandel ditandai dengan gejala bau mulut dan sakit tenggorokan.

4. Sariawan

Sariawan disebabkan oleh infeksi jamur yang menyebabkan rasa sakit di tenggorkan. Kondisi ini dapat mempengaruhi lidah dan langit-langit mulut yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

5. Mononukleosis

Mononukleosis adalah infeksi virus yang mempengaruhi tenggorokan yang menyebabkan beberapa gangguan seperti sakit tenggorokan, demam, kehilangan nafsu makan, dan bahkan pembentukan bercak putih di tenggorokan.

6. Leukoplakia

Lekoplakia merupakan gangguan langka yang mempengaruhi sistem pencernaan. Gangguan ini juga dapat mempengaruhi tenggorokan dan menimbulkan bercak-bercak putih di tenggorokan.
X