Smallpox, Wabah Cacar Yang Pernah Memusnahkan Satu Kota

Kondisi tubuh yang menderita smallpox (foto: Viral Nova)

Smallpox merupakan penyakit sejenis cacar tapi lebih parah lagi dibandingkan dengan cacar air atau cacar api. Penyakit ini punya sejarah kelam di mana penyakit ini nyaris memusnahkan satu kota.

Wabah penyakit smallpox pernah melanda kota Salekhard, yang terletak di Rusia pada tahun 1890 silam. Seperti dilansir Viralnova, diperkirakan sekitar 40% penduduk kota Salehard meninggal karena wabah mematikan ini.

Sementara penduduk yang masih hidup tidak bisa menguburkan mayat keluarga mereka karena lapisan es yang sangat dalam dan dikhawatirkan penyakit tersebut menginfeksi yang masih hidup.

Jadi, mayat yang terkena penyakit smallpox dibiarkan begitu saja sampai tertimbun lapisan es hingga akhirnya membeku.

(foto: Viral Nova)

Awal pekan ini, para peneliti dikirim ke kota kecil ini untuk menyelidiki klaim adanya erosi tanah yang disebabkan oleh lapisan es yang mencair di sekitar kuburan penduduk setempat.

Seandainya erosi itu benar-benar terjadi, hal itu bisa mengeluarkan mayat yang ada di dalam lapisan es. Yang dikhawatirkan, wabah smallpox akan kembali meneror penduduk kota karena mereka terbebas dari penjara es.

Untuk sementara, penyidik telah mendesak penduduk setempat untuk tinggal jauh dari kuburan karena ditakutkan wabah ini sudah terbangun dari tidur panjangnya.

Perhatian! Jangan cari kata smallpox di Google Image jika tidak ingin merinding!
X