Setelah Baca Ini, Anda Masih Berani Pakai Sepatu?

Ilustrasi sepatu kotor (foto: blogspot.com)

Sepatu sudah umum digunakan banyak orang, baik itu saat mau pergi bekerja, bermain atau sekolah. Tapi banyak orang yang tidak tahu apa yang ada di dalam sepatu dan ancaman apa yang bisa terjadi dari sekedar memakai sepatu.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Houston, menemukan bahwa 39 persen dari sepatu mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti gangguan pada mata, kulit hingga paru-paru.

Pada umumnya banyak orang melepas sepatu mereka begitu saja dan langsung masuk ke rumah. Hal itu bisa mentransfer bakteri-bakteri berbahaya yang ada di dalam sepatu ke dalam rumah, kemudian menginfeksi semua penghuni rumah.

(foto: outsideonline.com)

Dalam sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh lembaga Battelle Memorial, menemukan bahwa racun kimia berbahya sering ditemukan di dalam rumah karena para penghuninya tidak suka membersihkan kaki terlebih dahulu setelah melepas sepatu.

Tentu saja itu bisa berakibat buruk bagi anak-anak yang biasanya suka bermain di lantai rumah. Kimia beracun yang dibawa dari dalam sepatu dapat merusak sistem kekebalan tubuh anak.

Selain itu, memakai sepatu dalam jangka waktu yang lama bisa membuat Anda merasakan nyeri punggung, panas atau lecet di bagian kaki.

Solusinya Anda harus mencuci kaki terlebih dahulu setelah melepas sepatu. Pastikan juga sepatu dan kaus kaki yang Anda gunakan sering dibersihkan. Kuman bisa dengan mudah menempel pada kaus kaki.

Anda juga harus menyimpan sepatu pada rak karena biasanya suka ada hewan kotor masuk ke dalam sepatu.
X