Sekolah Cuma 4 Jam Sehari, Kok Pelajar Finlandia Pintar-Pintar?

(foto: wordpress.com)

Belum lama menjabat, Mendikbud Muhadjir Effendy sudah membuat gagasan baru tentang sekolah seharian penuh atau 'Full Day School'. Sontak, gagasan itu mendapat penolakan keras dari masyarakat karena dianggap banyak merugikannya ketimbang positifnya.

Lalu bagaimana jika gagasan baru itu dibandingkan dengan Finlandia, negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia? Berbeda dengan Indonesia yang menghabiskan waktu sampai 6 jam sehari untuk sekolah, di Finlandia jam sekolah hanya 4-5 jam sehari, sudah termasuk istirahat.

Sistem pendidikan untuk SMP dan SMA di Finlandia sama dengan sistem kuliah, di mana para siswanya hanya akan datang ke sekolah sesuai jadwal yang mereka pilih.

(foto: wordpress.com)

Berbeda dengan pemerintah Indonesia, pemerintah Finlandia menganggap bahwa pendeknya jam sekolah bisa membuat para pelajar lebih produktif lagi dan diberi kesempatan untuk mempraktikan ilmu yang mereka dapat dari sekolah di kehidupan sehari-hari.

Sekolah di Finlandia mengharuskan para siswanya memiliki keseimbangan dalam teori dan praktika. Sementara di Indonesia cenderung lebih berat pada teori. Apalagi sudah diberlakukan 'Full Day School'?

Walaupun menerapkan jam sekolah yang relatif singkat, nyatanya Finlandia dianggap sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya lulusan produktif.

Bagaimana, kamu setuju dengan kebijakan menteri baru kita?
X