Segudang Manfaat Dari Segarnya Segelas Air Ditambah Irisan Timun

(foto : youmefit.com)

Tentu kita sudah tak asing lagi dengan infused water. Ya, trend kesehatan yang memanfaatkan sari-sari buah yang larut dalam air memang sudah terkenal sejak beberapa waktu lalu.

Biasanya infused water terdiri dari air matang dan irisan buah-buahan segar seperti jeruk, apel, stroberi, kiwi atau buah-buahan lainnya yang dimasukan dalam toples dan didiamkan selama kurang lebih 2 jam dalam lemari es hingga akhirnya siap untuk dinikmati.

Selain buah-buahan, ternyata sayuran pun bisa menjadi pihan untuk menjadi bahan infused water. Salah satunya adalah timun. Lalu apa manfaat infused water dari timun ini?

1. Bagus untuk otot dan tulang

Mentimun kaya akan silika sehingga dapat memperkuat jaringan khususnya otot dan tulang. Selain memperkuat jaringan, mentimun juga baik untuk membuat otot dan tulang senantiasa sehat.

2. Memperkuat imunitas

Mentimun kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks, hal ini akan meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin C juga dapat menjaga kebugaran tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

3. Membersihkan tubuh

Segelas air ditambah irisan mentimun mengandung detoksifikasi yang mengeluarkan racun dari tubuh. Proses ini juga dapat membersihkan hati, juga mengelarkan metabolit pada tubuh. Selain itu, minuman ini juga menjadikan organ bekerja lebih efektif.

4. Mengurangi kolesterol jahat

Mentimun yang mengandung sterol dapat mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi. Aliran dalam darah pun akan menjadi lebih lancar.

5. Membantu melawan kanker

Kadar antioksidan (pinoresinol) yang tinggi dalam air mentimun dapat mengurangi risiko kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat membantu mengeluarkan radikal bebas yang menyebabkan rusak sel dan kanker.

6. Membuat ginjal sehat

Mentimun dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain asam urat, mentimun juga dapat menghilangkan kreatinin dan juga limbah lain yang tertinggal dalam ginjal.

7. Menghilangkan bau mulut

Kandungan phytochemcials dalam timun dapat mematikan bakteri yang terdapat dalam mulut. Dimana bakteri ini merupakan penyebab timbulnya bau mulut.
X