Seandainya Indonesia Belum Merdeka, Apa Yang Akan Terjadi?


Kita harus bersyukur karena Indonesia sudah merdeka sejak 71 tahun lalu. Sebelum merdeka, banyak rakyat yang menderita karena belenggu para penjajah yang mengekang hak-hak rakyat Indonesia.

Bayangkan jika saat ini kita hidup di Indonesia yang belum merdeka, pasti saat ini Anda tidak akan bisa merayakan proklamasi, ikut lomba Agustusan, atau mungkin makan enak, tidur nyaman, main smartphone dan masih banyak lagi yang tidak akan bisa Anda nikmati.

Jadi, sudah sepantasnya Anda bersyukur kita hidup di negara yang sudah merdeka berkat jasa para pahlawan dulu. Namun jika Anda merenung sedikit bagaimana jadinya jika Indonesia saat ini belum merdeka, mungkin sudah terlintas dalam pikiran Anda hal mengerikan apa saja yang akan terjadi. Anda juga mungkin meneteskan air mata.

6. Kelaparan


Kelaparan sudah pasti dialami setiap rakyat yang negaranya dijajah oleh negara lain. Makan seadanya dan tidak tahu kapan bisa makan lagi. Berbeda dengan sekarang sesudah merdeka, kita bisa makan apapun, kapanpun, dan dimanapun.

Sewaktu penjajahan dulu, rakyat sudah terbiasa makan dengan nasi yang sudah basi, minum air yang keruh, dan pokoknya mereka makan seadanya.

5. Pembantaian


Zaman penjajahan dulu, nyawa rakyat pribumi seperti tidak ada harganya. Siapapun yang berani melawan penjajah, maka hukumannya digantung atau ditembak sampai mati. Rakyat disiksa secara tidak manusiawi, disuruh kerja dari pagi sampai malam hari tanpa upah yang berarti. Benar-benar kelam ketika masa penjajahan dulu di mana marak sekali terjadi pembantaian orang yang tak berdosa.

4. Tidak akan bisa sekolah


Para penjajah menganggap sekolah bisa memintarkan warga pribumi, sehingga mereka melarang orang Indonesia untuk sekolah karena ditakutkan nanti memberontak. Hanya keturunan bangsawan yang diizinkan sekolah, sementara yang lain dilarang. Akibatnya banyak rakyat yang buta huruf, dan tidak bisa membaca. Meski tidak sekolah, semangat juang para pahlawan dulu tidak buta.

3. Kebebasan beragama akan dikekang


Sewaktu penjajahan Jepang dulu, orang yang Muslim atau non Muslim dilarang beribadah. Malahan mereka dipaksa untuk menyembah matahari. Jika ada yang ketahuan sholat, tentara akan menembaknya langsung dari belakang. Para ahli agama akan ditangkap karena dianggap bisa memberontak para penjajah. Pokoknya, tidak akan ada kebebasan bergama seperti sekarang.

2. Anak-anak akan dilatih jadi tentara untuk bertempur di medan perang


Jepang memiliki pasukan yang dilatih sejak anak-anak agar ketika dewasa nanti bisa membantu Jepang melawan sekutu. Tak terbayang jika seandainya kita masih dijajah Jepang, anak-anak yang seharusnya bermain malah dipaksa untuk melakukan latihan berat setiap hari, bahkan dipisahkan dari orang tuanya.

1. Kebebasan informasi sangatlah terbatas


Kita sekarang enak bisa menjelajah internet hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan, sebagian besar dari kita menghabiskan waktu dengan melihat smartphone. Tapi itu tidak akan terjadi jika seandainya kita masih dijajah. Tentu, para penjajah tidak akan mengizinkan rakyat pribumi bisa mengakses internet. Kebayang jika seandainya sekarang Anda tidak bisa menggunakan internet?

Nah, itulah beberapa hal mengerikan yang mungkin terjadi jika seandainya Indonesia belum merdeka. Tapi beruntung, Indonesia sudah merdeka 71 tahun lalu. Sudah sepatutnya kita bersyukur dan meneruskan keinginan para pahlawan dulu untuk membuat seluruh negeri ini bersatu dan maju.
X