Meski Indah, Awan Warna-Warni Ini Ternyata Membuat Lapisan Ozon Berlubang

Awan nacreous (foto:Flickr/Amusing Planet)

Tak selamanya fenomena alam yang indah menyimpan rahasia yang indah juga. Seperti awan nacreous yang sekilas memang sangat indah dilihat karena memiliki warna berbeda-beda. Tapi sebenarnya awan ini menyimpan rahasia yang tak seindah wujudnya.

Menurut Amusing Planet, awan yang juga dijuluki "Ibu dari Mutiara" ini dapat merusak atmosfer Bumi karena kehadiran mereka mampu memicu reaksi kimia yang dapat memecah belah lapisan ozon, lapisan penting yang berguna melindungi Bumi dari sinar matahari yang berbahaya.

Awan nacreous terbentuk di stratosfer pada ketinggian sekitar 70.000 kaki. Pada umumnya awan tidak terbentuk di lapisan stratosfer, tapi awan nacreous berbeda di mana mereka mampu terbentuk di lapisan kedua Bumi ini.

(foto: Flickr/Amusing Planet)

Selain itu, awan nacreous tidak seluruhnya terdiri dari air, melainkan juga mengandung asam nitrat yang berasal dari sumber-sumber industri.

Karena hal itu, awan ini mengandung zat kimia yang disebut chlorofluorocarbons (CFCs) yang mampu memecah belah sinar ultraviolet dan memproduksi atom klorin bebas, seperti radikula bebas dan ion klorida yang sangat efektif untuk menghancurkan lapisan ozon.

Untungnya, lapisan ozon bisa berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer untuk membentuk dua senyawa yang stabil, yaitu asam klorida dan nitrat klorin. Dua senyawa ini berada di stratosfer dan mampu menjaga lapisan ozon dari bahaya.

(foto: Flickr/Amusing Planet)

Namun, selama musim dingin yang panjang di daerah kutub di mana sinar matahari sangat sedikit, suhu di stratosfer menjadi sangat dingin dan mulai membentuk awan nacreous meski udara sangat tipis dan kering.

Awan nacreous ini terbentuk dari kristal air beku, asam nitrat dan asam sulfat, yang merilis atom klorin bebas dan mulai mencabik-cabik lapisan ozon. Inilah alasan kenapa lubang lapisan ozon di daerah kutub lebih besar dibandingkan dengan di daerah lain.

Jenis formasi awan ini biasanya dapat dilihat di daerah lintang tinggi seperti Islandia, Alaska, Kanada utara, negara-negara Skandinavia dan Antartika.
X