Merdeka Bukan Akhir Perjuangan, Jauh Di Depan Sana Masih Banyak Yang Harus Diperjuangkan


Hari ini, Rabu 17 Agustus 2016, Indonesia merayakan kemerdekaannya yang ke-71. Itu berarti, Indonesia sudah merdeka sejak 71 tahun lalu.

Untuk meraih kemerdekaan, para pahlawan dulu berjuang keras melawan penjajah meski harus mempertaruhkan nyawa. Sampai akhirnya, pada 17 Agustus 1945, Indonesia membacakan teks proklamasi dan menyatakan kalau Indonesia merdeka dari belenggu penjajah.

Setelah merdeka, apa perjuangan sudah usai? Justru kemerdekaan itu baru gerbang, jauh di depan sana masih banyak yang harus diperjuangkan dan tentunya jauh lebih berat lagi. Kita sebagai warga negara Indonesia adalah para pejuang zaman kemerdekaan.

Apa yang harus diperjuangkan? Membangun negara Indonesia menjadi negara yang bersatu, makmur dan hebat. Hebat di sini bukan berarti memperkuat kekuatan militer dengan menciptakan senjata pemusnah masal atau teknologinya maju, hebat di sini yaitu menjadi negara yang warga negaranya memiliki rasa nasionalisme, saling menghargai sesama warga negaranya dan rasa cinta yang tinggi pada negaranya.

Siapa yang betugas mewujudkan semua itu? Kita semua sebagai warga negara Indonesia, khususnya para generasi muda.

Banyak yang harus diperjuangkan di depan sana meski Indonesia sudah 71 tahun merdeka. Belajar dengan baik, menegakan hukum, memberantas koruptor, merebut kembali sumber daya alam yang diambil oleh negara asing merupakan salah satu hal yang harus kita perjuangkan bersama.

Negara maju itu bukan negara yang kekuatan militernya kuat atau teknologinya maju, tapi seberapa banyak warganya mencintai negaranya dengan melakukan hal yang berguna bagi negara dan bangsa.
X