Malangnya Nasib Penderita Gangguan Mental Di Indonesia, Harus Dirantai Dan Dikurung

Penderita gangguan mental dikurung dan dirantai (foto: Elitereaders)

Hukum di Indonesia melarang tindakan memasung, merantai atau mengurung penderita gangguan mental. Namun faktanya, masih banyak penderita gangguan mental yang mendapat perlakukan seperti itu.

Kabar tak sedap ini sampai tericum media asing, salah satunya situs Elitereaders yang mempertanyakan kenapa masih banyak penderita gangguan mental diperlakukan seperti bukan manusia meski hukum dengan tegas melarangnya.

Dalam artikel yang diposting Elitereaders beberapa hari lalu ini, ada beberapa foto yang menunjukkan beberapa penderita gangguan mental di Indonesia dirantai dan dikurung dalam sel seperti penjahat. Mereka tidak diberi kesempatan untuk berkeliaran dan dibiarkan diam di tempat selama beberapa hari atau mungkin sampai tahunan.

(foto: Elitereaders)

Selain foto, ada juga sebuah video yang menunjukkan nasib tragis penderita gangguan mental di Indonesia. Salah satunya seorang perempuan yang sudah dipasung selama 15 tahun karena dianggap penyihir atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan dukun.

Menurut salah satu keterangan dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa pemerintah sengaja memasung para penderita mental karena biaya pengobatan mereka membutuhkan pengeluaran yang sangat besar.

Situs Elitereaders berharap pemerintah Indonesia bisa memerangi hukum pasung terhadap penderita gangguan mental dan bisa memberikan pelayanan kesehatan yang layak bagi mereka.

X