Kisah Haru Perenang Cantik Olimpiade Rio Yang Pernah Mengarungi Lautan Selama 3 Jam

Yusra Mardini (foto: folomojo.com)

Yusra Mardini adalah perenang asal Suriah yang ikut di Olimpiade Rio 2016 di Brazil. Dia merupakan salah satu dari 10 atlet pengungsi yang ikut di Olimpiade tersebut.

Pada tahun 2015 lalu, Mardini pernah berenang selama tiga jam lamanya di lautan luas untuk menyelamatkan diri dari negara asalnya yang sedang dilanda konflik. Ia beserta adiknya juga membantu menyelamatkan 20 orang lainnya setelah perahu yang mereka tumpangi tenggelam.

Mardini membantu mendorong skoci yang ditumpangi 20 pengungsi lainnya dari lautan sampai daratan. Bayangkan betapa hebatnya Mardini berenang sambil mendorong perahu demi menyelamatkan banyak orang.

(foto: npr.org)

Usahanya tak sia-sia, ia berhasil melarikan diri dari negara asalnya. Mardini yang sekarang tinggal di Berlin akan bersaing dalam renang 100 meter gaya kupu-kupu di Olimpiade Rio 2016. Penampilannya disebut-sebut sebagai salah satu yang paling dinanti di pesta olahraga terbesar itu.

Namun sayang, Mardini gagal masuk ke semi-final, tapi ia mengatakan itu merupakan pengalaman paling berharga sepanjang hidupnya.

(foto: straitstimes.com)

"Segala sesuatu yang menakjubkan. Itu satu-satunya hal yang pernah saya inginkan adalah untuk bersaing di Olimpiade. Saya memiliki perasaan yang bagus di dalam air, jadi saya senang untuk itu," kata Mardini, seperti dilansir Yahoo Sport.

"Ini perasaan yang luar biasa dan saya senang melihat semua perenang besar di sini.  Bersaing dengan semua juara besar sangat menarik," tambahnya.
X