Ketika Sukarno Membuat Pejabat AS Minta Maaf

Presiden Sukarno dan Presiden AS Eisenhower (foto: blogspot.com)

Presiden pertama Indonesia Sukarno dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas yang ditakuti oleh pemimpin-pemimpin negara lain. Suatu ketika, Sukarno pernah marah-marah kepada pejabat Amerika Serikat dan membuat mereka mengatakan minta maaf.

Ketika tahun 1950-an, Sukarno sedang mengunjungi Amerika Serikat. Kunjungan tersebut diwarnai kemarahan sang presiden karena merasa harga dirinya diinjak-injak oleh pejabat AS. Cerita ini dimuat ajudan Sukarno, Bambang Widjanarko dalam buku karangannya yang berjudul "Sewindu Dekat Bung Karno (1998)."

Saat itu, Sukarno dijadwalkan menemui Presiden Amerika Serikat ke-34 Dwight D. Eisenhower tepat pada pukul 10.00 pagi. Pukul 09:58, Sukarno sudah tiba ditempat pertemuan dan ia duduk manis menunggu kedatangan Eisenhower.

(foto: wordpress.com)

Pukul 10.25, Eisenhower belum juga datang, Sukarno pun mulai tegang. Pukul 10.30, barulah meledak amarah Sukarno. Protokoler Presiden AS pun jadi pelampiasan kemarahan Bung Karno.

"Apa-apaan ini, kalian menetapkan pertemuan pukul 10.00, hingga pukul 10.30 presiden kalian belum datang juga! Apakah kalian memang bermaksud menghina saya. Sekarang juga saya pergi," kata Sukarno dengan nada mara.

Para pejabat AS pun kebingungan dan mereka pun bergegas meminta maaf kepada Bung Karno. Tak lama kemudian, Presiden Eisenhower pun keluar menemui Sukarno.

Menurut kisah dalam buku ini, pada pertemuan berikutnya, Eisenhower menyambut Presdien Sukarno dengan baik. Bahkan ia menyambut Bung Karno ketika keluar dari mobil.

Sumber: Jadiberita.com
X