Kabar Buruk, Internet Ternyata Bisa Membuat Kita Semakin Bodoh

Ilustrasi (foto: Metro.co.uk)

Adanya internet memudahkan kita untuk berkomunikasi dan mengeksplor informasi dari seluruh dunia hanya dengan satu klik saja. Namun ternyata, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini dirilis menyebutkan bahwa internet bisa membuat manusia semakin bodoh.

Psikolog menemukan bahwa manusia sudah terlalu ketergantungan pada internet. Komputer yang semakin hari semakin canggih saja, membuat manusia seolah tidak pandai lagi.

Dalam sebuah penelitian, Dr Benjamin Storm mengatakan bahwa otak manusia tidak perlu repot-repot mengingat informasi dari ingatan yang disimpan di otak ketika kita menggunakan internet.

"Memori berubah. Penelitian kami menunjukkan bahwa ketika menggunakan internet untuk mendukung dan memperluas memori kita, kita menjadi ketergantungan pada itu (internet)," tulis Benjamin dalam penelitiannya, seperti dilansir Metro UK.

"Padahal sebelumnya kita mungkin pernah mencoba mengingat sesuatu dalam ingatan kita sendiri, tapi sekarang tidak perlu repot-repot."

Penelitian yang ditulis dalam jurnal Memory itu, Dr Storm dan rekan-rekannya menjelaskan bahwa mereka meminta dua kelompok orang untuk menjawab beberapa pertanyaan.

Satu tim diizinkan untuk meminta bantuan Google, sementara tim yang satunya lagi harus benar-benar menggunakan otak mereka untuk menemukan jawabannya.

Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan bantuan internet untuk mencari jawaban cenderung ketagihan mencari jawaban di internet. Sedangkan kelompok yang menggunakan kemampuan otak cenderung terbiasa mencari jawaban dengan kemampuan otak mereka.

Kesimpulannya, orang yang terlalu ketergantungan terhadap internet, lambat laun daya ingat mereka akan menurun karena otak mereka tidak pernah diasah. Sebaliknya, orang yang tidak terlalu ketergantungan terhadap internet cenderung lebih cerdas lagi.

Bayangkan saja oleh Anda, ketika mencari informasi di internet, Anda cenderung tidak menghafalnya dan hanya membaca sekilas saja kemudian melupakannya begitu saja karena Anda beranggapan bisa mencari apapun dengan mudah di internet.

Namun jika Anda tidak menggunakan internet, Anda seolah sulit menemukan suatu informasi atau jawaban, atau bahkan Anda tidak tertarik terhadap membaca buku.
X