Intip Mengerikannya Operasi Semasa Perang Dunia I

Ilustrasi operasi ketika Perang Dunia I (foto: Wittyfeed)

Dunia medis zaman sekarang memiliki peralatan canggih yang biasa digunakan selama operasi. Tapi pernahkah terbayang seperti apa peralatan operasi sebelum mengalami perkembangan seperti sekarang? Yang pasti peralatan operasi zaman dulu akan membuat kamu merinding.

Semasa Perang Dunia I, banyak orang yang harus diamputasi kaki atau tangannya karena kecelakaan selama perang. Tebak alat apa yang digunakan untuk mengamputasi? Gergaji besi! Cara mengoperasinya pun sangat kejam seperti tukang cukur yang seenaknya memotong rambut.

Penasaran seperti apa mengerikannya operasi selama Perang Dunia I dulu? Simak ulasannya berikut ini yang dikutip Wow Menariknya dari Wittyfeed.

Dua pria tanpa kaki dalam foto di bawah ini adalah seorang tentara dulunya. Karena mengalami kecelakaan, kakinya harus diamputasi. Alat untuk mengamputasi kaki mereka tak lain adalah mortir.


Gergaji putar adalah salah satu alat operasi paling mengerikan sewaktu dulu. Alat ini biasanya digunakan untuk menghilangkan fragmen tengkorak.


Gergaji besi ini bukan digunakan untuk memotong kayu, melainkan digunakan untuk memotongkan kaki atau tangan selama Perang Dunia I.


Dulu, operasi penghapusan lidah sering dilakukan dalam upaya mencegah kanker. Entah apa hubungannya, yang jelas ini sangat mengerikan.


Ketika dokter tidak bisa menghentikan pendarahan pada pasien yang mengalami luka berat pada bagian kakinya, maka tak ada jalan lain selain menggunakan metode catok tungkai dan kemudian dokter mengikatkan handuk pada bagian pendarahan.


Bagaimana mengerikan bukan? Makannya kamu harus bersyukur hidup di zaman yang serba canggih ini.
X