Intip Etika Makan Dari Berbagai Negara Di Dunia


Setiap negara pasti memiliki aturan sendiri saat menikmati makanan menurut budayanya masing-masing. Aturannya mungkin ada yang dianggap tabu dan sangat aneh bagi kita yang pertama kali melakukannya.

Misalnya saja di Jepang di mana makan harus menggunakan sumpit dan tidak boleh menggunakan sendok. Atau di Arab Saudi di mana makan selalu dihidangkan dalam wadah yang besar kemudian disantap bersama-sama.

Berikut ada tujuh negara dengan etika makan terbilang cukup unik. Jika berkunjung ke negara-negara ini maka kamu wajib menerapkan etika makan sesuai kebudayaan mereka. Tidak ada salahnya kamu menyimak artikel berikut ini.

7. Jepang

(foto: budgettravel.com)

Ketika kita melihat makanan Jepang, sering kita jumpai peralatan tambahanya yang bukan menggunakan sendok ataupun garpu, melainkan sumpit.

Ternyata di Jepang memang meiliki etika makan menggunakan sumpit dan mangkok. Bahkan terkadang untuk makanan yang susah diambil dengan sendok pun mereka masih tetap menggunakan sumpit. Makanan seperti sup atau makanan berkuah lainnya harus diseruput. Anehnya lagi disana tidak boleh menuangkan saos di nasi

6. Arab Saudi

(foto: wordpress.com)

Warga Arab sangat menyukai makan menggunakan wadah besar, kemudian mereka makan secara rame-rame di meja yang sangat panjang, dan salah satu kebiasaan lain ialah makan sambil ngobrol.

Mereka menganggap jika makan sambil ngobrol sangat terasa hangat antara ikatan sesama sehingga rasa makanan pun terasa lebih nikmat.

5. Korea Selatan

(foto: pmlydon.com)

Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, jangan heran jika mereka memiliki kebiasaan makan dengan melayani orang yang paling tua dan hal itu menjadi penanda kapan makan harus dimulai. Gunakan sendok untuk nasi dan makanan cair seperti semur atau sup, gunakan sumpit untuk alat makannya.

Dan juga jangan pernah mengacungkan sumpit atau menusuk makanan menggunakan sumpit. Habiskan semua makanan yang ada di piring terlebih dahulu jika ingin dianggap sopan

4. Filipina

(foto: pinterest.com)

Di Filipina, kamu tidak boleh sembarang makan jika belum diminta untuk makan malam. Kamu juga harus menunggu untuk diberi tahu di mana tempat duduk makan dan menunggu lagi untuk diberi tahu kapan harus mulai makan.

Jika kamu ingin menambah makanan, kamu juga harus menunggu sampai tuan rumah menawarkan tambahan. Ya ampun nanti keburu lapar donk!

3. Rusia

(foto: russianguideservice.com)

Orang Rusia dikenal karena keramahan mereka. Jika makanan berisi saus atau kuah, gunakan roti untuk menyerapnya. Karena jika tidak makan semua roti di piring maka kamu akan dianggap boros dan dapat mendatangkan kesialan

2. Perancis

(foto: leeds.list.com)

Kebiasaan meletakkan tangan d​i bawah meja merupakan perbuatan yang kurang sopan bagi warga Perancis. Letakkan kedua tangan di atas meja, sehingga semua orang dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh tangan kamu.

Saat tangan tidak memegang sendok atau garpu, sebaiknya tetap meletakkan tangan di​ ​atas meja. Pastikan siku tangan tidak ikut menempel kebagian atas meja.

1. Kanada

(foto: wordpress.com)

Bagi penduduk asli Kanada, kentut merupakan hal yang dianggap sopan dan salah satu cara menghargai makanan. Berarti jika kita kentut setelah makan maka mereka akan merasa senang karena tamunya dapat menikmati makanan yang mereka berikan dengan nikmat. Cocok tuh buat kamu yang suka kentut di mana saja hehe.
X