Ini Alasan Mengapa OS Android Diambil Dari Makanan Manis

(foto: digitaltrends.com)

Pernahkah Anda memperhatikan nama-nama Operating System (OS) Android dari waktu ke waktu? Jika diperhatikan nama-namanya selalu diambil dari makanan manis dan disusun berdasarkan Alfabet.

Contohnya saja Cupcake (C), Donut (D), Eclair (E), Froyo (F), Gingerbread (G), HoneyComb (H), Ice Cream (I), Jelly Bean (J), KitKat (K), Lollypop (L), dan Marshmellow (M).

Sejak diambil alih Google pada tahun 2005, maka Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak dirilisnya versi awal. Namun, Google tetap tak ingin memberitahu alasan mereka memilih makanan manis sebagai nama platform OS Android mereka.

Google hanya menceritakan sedikit rahasia pada saat OS KitKat rilis, yang tak lain nama tersebut diambil dari sebuah produk makanan ringan asal Inggris.

Mereka mengatakan bahwa alasan nama KitKat tersebut diangkat karena pada saat itu para teknisi yang mengerjakan OS hingga larut malam selalu memakan camilan ini ketika sedang jenuh. Tetapi hal tersebut menuai kritik bahwa pemilihan nama itu adalah strategi untuk meningkatkan penjualan produk KitKat itu sendiri.

Jika diteliti lebih dalam lagi yang menarik tentang penamaan jenis Android ialah tidak digunakannya huruf A dan B.

Randall Safara menjelaskan sebenarnya huruf A dan B pernah digunakan sebagai nama untuk generasi pertama OS Android. Hanya saja, tidak jadi dilempar ke publik karena ada kekurangan di sisi program.

Dapat dimaklumi bahwa sebuah perusahaan selalu menutupi rapat-rapat urusan dapurnya kepada publik. Hal ini pun dilakukan Google untuk menutupi kebijakan dalam perusahaannya.
X