Ini Alasan Kenapa Para Juara Olimpiade Selalu Menggigit Medalinya

(foto: China.cn)

Pernah tidak Anda memperhatikan kenapa juara Olimpiade selalu mengigit medali yang diraihnya? Apalagi ketika mereka berfoto, para juara Olimpiade pasti berpose sambil mengigit medalinya.

Ternyata tradisi mengigit medali bukanlah berasal dari kemauan para atlet melainkan hal tersebut adalah kemauan setiap fotografer yang hendak memotret para atlet. Dan sampai sekarang hal tersebut masih terus dilakukan.

Menurut David Wallechinsky, presiden International Society of Olympic Historians, tradisi menggigit medali dilakukan untuk memenuhi tuntutan fotografer yang memotret mereka saat berada di podium.

"Itu sudah menjadi seperti obsesi para fotografer dan hal wajib bagi mereka. Dengan menggigit medali, foto akan terlihat lebih hidup," ujar Wallechinsky seperti dilansir dari situs Buzzfeed.

Namun berbeda dengan pendapat David W. Lange dari Numismatic Guaranty Corporation yang menyebutkan jika tradisi menggigit medali tersebut dilakukan untuk mengetahui terbuat dari emas murni atau tidak.

Jika medali tersebut terbuat dari emas murni maka tekstur medali akan lebih lunak dan akan sedikit berbekas ketika digigit.

Meskipun demikin sekarang sudah tidak ada lagi medali yag terbuat dari emas murni. Tahun ini, medali emas terdiri dari 1,34 persen, atau sekitar 6 gram emas. Sisanya adalah 93 persen perak perak dan 6 persen tembaga.

Jadi digigit atau tidak tidak akan berpengaruh untuk meneliti sebuah medali terbuat dari emas murni ataukah tidak. Meskipun begitu menggigit medali selalu dilakukan seperti telah menjadi sebuah tradisi.
X