Ilmuwan Temukan Spesies Ikan Hiu Berusia 400 Tahun

Hiu Greendland (foto: mysteriousuniverse.org)

Jauh di Samudra Akrtik, ilmuwan menemukan spesies ikan hiu tertua di dunia. Peneliti di University of Copenhagen percaya kalau hiu Greenland dapat hidup sampai 400 tahun.

Para peneliti melakukan percobaan terhadap 28 hiu Greenland betina yang sudah mati dan mereka menemukan yang terbesar dari mereka yang memiliki panjang 16,5 meter lahir sekitar 400 tahun lalu dan meninggal baru-baru ini.

Penelitian yang diterbitkan dalam Science pekan ini, menemukan bahwa delapan dari 28 hiu itu setidaknya berusia 200 tahun, dan yang paling tua tampaknya lahir antara tahun 1500 dan 1740-an. Jika dihitung lagi, hiu tertua lahir pada tahun 1620-an.

(foto: mysteriousuniverse.org)

Hiu Greendland atau disebut juga hiu abu-abu bisa menyandang gelar sebagai vertebrata tertua di dunia, yang sebelumnya dipegang oleh paus kepala busur yang berusia 211 tahun.

Peneliti memanfaatkan radiokarbon dan inti lensa mata hiu untuk mengetahui umur hiu Greenland. Sel-sel hiu ini berkembang sebelum dilahirkan, dan dengan demikian bisa menunjukkan penanda kondisi lingkungan ketika itu.

Hasilnya menunjukkan bahwa hiu paling muda lahir kurang dari tahun 1960 karena mereka membawa tanda-tanda bom radiokarbon yang berasal dari kontaminasi laut dari karbon-14 yang dihasilkan oleh uji coba nuklir pada tahun 1950-an.

(foto: mysteriousuniverse.org)

Sementara hiu yang lebih besar dan tua tidak menunjukkan tanda-tanda bom radiokarbon. Itu menunjukkan bahwa hiu yang lebih tua lahir sebelum uji coba nuklir. Dari situ, ilmuwan memperkirakan kalau umur hiu ini berusia 400 tahun.

Namun, perkembangan hiu ini sangat lambat yang hanya mencapai 1cm per tahun. Saat berusia 150 tahun, baru hiu Greenland mulai mencapai kematangan seksual dan panjangnya bisa mencapai 4 meter.

Sumber: Mysteriousuniverse.org
X