Direndam Selama Tiga Bulan Di Laut Mati, Dress Cantik Ini Makin...

(foto: Odditycentral)

Seniman asal Israel Sigalit Landau melakukan hal yang tak biasa. Dia merendam sebuah gaun gaya abad ke-19 di perairan Laut Mati selama tiga bulan. Landau melakukanya untuk sebuah proyek foto yang unik.

Untuk proyek terbarunya, delapan bagian seri foto yang disebut Salt Bride, Landau melakukan pengecekan pada gaun tersebut beberapa kali selama periode tiga bulan. Dari waktu ke waktu ia melihat perubahnya dan ajaibnya gaun tersebut menjadi kristal garam.

Garam-garam dalam air itu tampak menempel di kain, gaun yang berwarna hitam tersebut secara bertahap menjadi kaku dan berubah warna. "Dari arang hitam untuk mutiara putih, ini terlihat seperti salju, seperti gula, seperti pelukan kematian," ujar salah seorang puitisi dalam sebuah pernyataan.

(foto: Odditycentral)

Sigalit Landau sangat terpesona oleh Laut Mati itu. Bahkan ia sering terlihat keluar di tepi utara perairan, dan mengunjunginya setiap akhir pekan. Ia juga percaya bahwa sesuatu yang tak bernyawa sekalipun tempat terendah di muka bumi dapat mengahasilkan sebuah karir artistik.

"Hal ini seperti pertemuan dengan sistem waktu yang berbeda, logika yang berbeda dan kehidupan planet lain," ujar Landau, seperti dilansir Odditycentral.

(foto: Odditycentral)

Ia telah melakukan banyak eksperimen untuk karya seninya, seperti salah satunya, mengkristalisasikan benda di Laut Mati, dan pada tahun 2005 ia juga bereksperimen dengan melayang telanjang di perairan dengan 500 semangka.

Gaun bergaya abad ke-19 yang digunakan oleh Landau dalam proyek Salt Bridenya ini merupakan replika dari satu yang dikenakan dalam produksi dramatis tahun 1916 yang diberi judul "dybbuk" oleh S. Ansky.

(foto: Odditycentral)

Sebuah drama klasik yang terinspirasi dari artistik ini bercerita tentang seorang pengantin muda yang dimiliki oleh roh jahat dan kemudian diusir. Dalam seni nya, garam melambangkan kekuatan supranatural, sehingga nampak garam tersebut menyerang kain dan mengubah sepenuhnya.

(foto: Odditycentral)

Kini, karya Sigalit Landau, Salt Bride itu telah dipamerkan di galeri Marlborough Kontemporer London, di mana pecinta seni akan dapat mengagumi foto transformasi dari Laut Mati ajaib tersebut.
X