Cek Kesehatan Anda Dengan Melihat Warna 'Kotoran'

Ilustrasi toilet (foto: Live Science)

Kondisi kesehatan sebenarnya bisa kita kenali melalui tanda-tanda yang ditunjukan tubuh, bahkan dilihar dari kotoran pun, Anda sudah bisa sedikit melihat tingkat kesehatan tubuh Anda.

Warna kotoran tubuh manusia berbeda-beda tergantung dari apa yang kita konsumsi. Normalnya warna kotoran biasanya kuning, tapi bisa berubah jadi coklat bahkan sampai hitam. Tahu tidak, warna kotoran tubuh Anda bisa memberitahu tentang kondisi kesehatan Anda sekarang?

Kotoran bisa berubah jadi warna hijau jika Anda mengonsumsi makanan berwarna biru atau hijau. Lalu, kotoran yang berwarna kuning dikatakan normal-normal saja. Tapi jika seandainya berminyak dan lebih bau, bisa saja jadi tanda pertumbuhan yang buruk pada anak atau penurunan berat badan pada orang dewasa.

(foto: Live Science)

Jika warna kotoran terlihat pucat seperti tanah liat, bisa jadi Anda sudah meminum obat anti-diare karena memiliki masalah pencernaan yang mempengaruhi usus, hati pankreas atau kantung empedu.

Warna kotoran seperti tanah liat juga bisa jadi tanda penyakit hati atau Anda kurang minum. Untuk mengatasinya, banyak-banyaklah minum dan jika tetap saja, segera periksa ke dokter.

Namun bagaimana dengan kotoran berwarna hitam? Anda harus waspada, pasalnya ini bisa menjadi masalah medis yang serius karena pendarahan di perut dan usus.

Kotoran berwarna merah juga bisa lebih berbahaya lagi. Bisa jadi Anda mengalami wasir atau tanda penyakit ginjal, tumor, infeksi, kanker prostat dan masih banyak lagi.

Sumber: Live Science
X