Begini Jadinya Jika Asteroid Menghantam Lautan

(foto: thenewsrecorder.com)

Ada dua kemungkinan ketika asteroid berhasil menembus lapisan atmosfer Bumi. Pertama, asteroid tersebut akan menghantam daratan dan yang kedua asteroid itu akan menghantam lautan.

Menurut penelitian, jika asteroid menghantam lautan maka dampaknya lebih besar ketimbang menghantam daratan. Souheil Ezzedine, seorang matematikawan dari Lawrence Livermore National Labratory di California, menggunakan simulasi komputer untuk mengetahui dampak jika asteroid berdiameter 50 meter menabrak lautan.

Menyebabkan Mega Tsunami

(foto: dispatchtribunal.com)

Dalam simulasi tersebut, Ezzedine bersama-sama rekannya menemukan bahwa seandainya asteroid menabrak Pantai Barat, maka dampaknya bisa menyebabkan gelombang setinggi  10 kaki atau sekitar 3 meter.

Jutaan orang meninggal dan banyak bangunan yang rusak.


Menurut penelitian lain, jika sebuah asteroid menghantam lautan lepas di pantai Maryland, negara bagian AS, dapat menghasilkan gelombang setinggi 23 kaki atau sekitar 7 meter yang dapat menyebabkan banjir dari New York sampai Georgia.

Namun, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Earth and Planetary Sciences menyebutkan bahwa dampak asteroid Eltanin yang meninggalkan kawah besar di dasar laut lepas pantai Chile, pada 2,1 juta tahun lalu, tidak menyebabkan tsunami.

Sumber: Live Science
X