Angin Tornado Sudah Biasa, Bagaimana Dengan Tornado Nyamuk?

Tornado nyamuk (foto: mysteriousuniverse.org)

Angin tornado sudah sering kita lihat, baik itu secara langsung atau melalui televisi. Lalu bagaimana dengan tornado nyamuk, pernahkah Anda melihat fenomena aneh ini sebelumnya?

Fenomena tornado nyamuk itu terjadi Kota Yekaterinburg, Rusia, pada 13 Agustus 2016 kemarin saat matahari terbenam. Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube menunjukkan sekawanan nyamuk dalam jumlah yang besar bergerombol dan membentuk pusaran hingga membentuk tornado.

Dilihat dari kejauhan, tornado nyamuk tersebut memang tampak seperti angin tornado pada umumnya, tapi jika dilihat lebih dekat lagi ternyata itu lebih mengerikan dari angin tornado.

Lalu bagaimana bisa sekawanan nyamuk membentuk tornado? Seperti dilansir Mysterious Universe, tidak diketahui secara pasti apa alasan gerombolan nyamuk membentuk sebuah tornado karena fenomena ini sangat langka terjadi.

Tornado nyamuk di Portugal pada tahun 2014 (foto: mysteriousuniverse.org)

Sebelumnya, fenomena tornado nyamuk juga pernah terjadi di atas Sungai Tagus di Vila Franca de Xira, Portugal pada tahun 2014 lalu. Fenomena ini berhasil difilmkan oleh Ana Filpa Scarpa. Ia memperkirakan tornado nyamuk tersebut memiliki tinggi sekitar 1.000 kaki.

X