6 Negara Merdeka Ini Belum Diakui Kemerdekaannya Oleh Dunia

(foto: ibtimes.com)

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bersyukur karena Indonesia sudah merdeka dari belenggu para penjajah. Kemerdekaan Indonesia juga sudah diakui oleh seluruh negara di dunia.

Namun sayang, tidak semua negara merdeka mendapat pengakuan dari dunia internasional. Ada beberapa negara di dunia yang secara teknis sudah merdeka, tapi kemerdekaan negara-negara ini tidak diakui oleh dunia.

Karena kedaulatan negara mereka belum diakui, tak jarang banyak negara lain yang ingin merebut tanah negara-negara yang kemerdekaannya belum diakui. Seperti dikutip Wow Menariknya dari Wikipedia, berikut daftar negara merdeka yang belum mendapat pengakuan dari dunia.

6. Somaliland

(foto: voanews.com)

Somaliland pertama kali mengumumkan kemerdekaannya pada tahun 1991. Negara ini bahkan lebih kaya daripada negara Somalia yang mengelilinginya. Namun sayang, tidak ada negara yang mau mengakui Somaliland merdeka secara de jure dari Somalia.

5. Republik Nagorno-Karabakh

(foto: travelogyaria.com)

Negara kecil yang terletak di bagian selatan Kaukasus ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 10 Desember 1991. Tapi sayang, kedaulatan negara ini hanya diakui oleh negara-negara non-anggota PBB, seperti Abkhazia, Ossetia Selatan dan Transnistria.

Sementara itu, hampir seluruh negara anggoa PBB mengakui wilayah negara ini sebagai bagian dari Azerbaijan secara de jure.

4. Transnistria

(foto: wikimedia.org)

Negara Transnistria mengalami nasib serupa dengan Republik Nagorno-Karabakh. Hampir seluruh ngera anggota PBB mengakui wilayah Transnistria sebagai bagian dari Moldova secara de jure. Padahal negara ini sudah mengumumkan kemerdekaannya sebagai negara berdaulat pada 2 September 1990.

3. Ossetia Selatan

(foto: dw.com)

Pada tahun 1991, Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya dan langsung diinvasi oleh Georgia. Namun, Rusia membantu negara ini memenangkan peperangan untuk meraih kemerdekaannya.

Sayangnya, kemerdekaan Ossetia Selatan hanya diakui oleh lima negara anggota PBB, salah satunya Rusia. Sementara sebagian besar negara anggota PBB tidak mengakui kedaulatan negara ini dan mengkalim kalau wilayah Ossetia Selatan merupakan bagian dari Georgia.

2. Abkhazia

(foto: crwflags.com)

Selain Ossetia Selatan, Georgia juga menginvasi negara kecil yang secara teknis memang terletak di wilayah Georgia tapi ingin memisahkan diri. Setelah mengumumkan kedaulatan negaranya pada tahun 1992, Abkhazia hanya mendapat pengakuan dari enam negara anggota PBB dan tiga negara non-anggota PPB. Sementara kebanyakan negara tidak mengakui kedaulatannya.

1. Palestina

(foto: upi.com)

Meski secara teknis kemerdekaan Palestina sudah diakui oleh 132 negara anggota PBB, tapi Israel keukeuh tidak mengakui kedaulatan rakyat Palestina dan selalu memberikan perlawanan agar bisa merebut wilayah Palestina. Akibatnya banyak rakyat Palestina yang menderita karena serangan Israel.
X