6 Makan Berlemak Yang Justru Bisa Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi wanita makan cokelat hitam (foto: newhealthfocus.com)

Kegemukan biasanya disebabkan oleh makanan yang kita makan sehari-hari. Banyak orang yang tidak mengetahui dan tidak menyadari bahwa makanan yang kita makan sehari-hari mengandung bahan yang dapat membuat badan menjadi gemuk.

Makanan yang mengandung lemak adalah salah satu jenis makanan yang dapat mempercepat proses penggemukan contohnya, kuah daging, makanan olahan seperti nuget, sosis, dan kornet. Tetapi tidak semua makanan yang mengandung lemak itu menyebabkan kegemukan.

Seperti yang dilansir Wow Menariknya dari Eat This, ada beberapa makanan berlemak yang tidak akan membuat Anda gemuk. Justru makanan berlemak ini malah bisa menurunkan berat badan.

1. Daging Sapi Pemakan Rumput

Setiap sapi sejatinya pemakan rumput, namun tidak semua peternak sapi memberi makan rumput alami untuk setiap sapinya. Sapi yang diberi makan rumput alami dan bukan olahan mengandung lebih banyak lemak baiknya.

Sebuah Jurnal Nutrition memuat bahwa daging hewan yang diberi makan rumput alami mengandung lebih banyak asam omega–3 yang dapat mencegah kegemukan dan juga dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung . Kalori yang dihasilkannya pun lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging konvensional.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung polifenol yang dapat melawan kanker dan lemak tak jenuh juga dapat memperkuat jantung. Hal lainnya ternyata minyak zaitun bisa menurunkan berat badan.

Dalam penelitian yang muat oleh jurnal Obesity menemukan bahwa minyak zaitun mengandung lebih tinggi adiponektin nya dibandingkan karbohidrat dan protein lainnya. Adiponektin adalah hormon yang dapat memecah belah lemak dalam tubuh dan mendorong indeks masa tubuh agar tetap rendah

3. Kelapa

Kelapa kaya dengan kandungan lemak jenuhnya namun lebih dari setengahnya berasal dari asam laurat yang terbukti dapat melawan bakteri jahat. Sebuah penelitian yang di muat dalam jurnal Lipid menenmukan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan perut yang buncit.

Para peneliti membandingkan dua kelompok yang memakan 2 sendok makan minyak kelapa dan minyak kedelai setiap hari. Dan hasilnya ditemukan pemakan 2 sendok minyak kelapa dapat menyusutkan lingkar pinggang lebih banyak ketimbang pemakan minyak kedelai.

4. Coklat Hitam (Dark Chocolate)

Sebuah penelitian menemukan orang yang memakan coklat hitam atau dark chocolate sebanyak 3,5 ons 2 jam sebelum makan nasi dapat menyerap 17% kalori. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan dengan seorang yang memakan coklat susu.

Hal ini disebabkan karena kandungan kokoa butter murni yang dimiliki dark chocolate dapat memperlambat proses pencernaan, sedangkan coklat susu lebih banyak kandungan minyak menteganya sehingga lebih cepat diproses saluran pencernaan. Dari sinilah fakta para peneliti menyebutkan bahwa dark chocolate bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Almond

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kacang almond dapat membantu Anda menurunkan berat badan meskipun kandungan lemak yang dimilikinya sangat tinggi. Bahkan, sebuah studi dari International Journal of Obesity dan Gangguan Metabolik  menemukan bahwa pemakan almond berhasil menurunkan lingkar pinggangnya sebesar 50%, lebih besar dibandingkan dengan program diet.

6. Alpukat

Buah alpukat atau bisa disebut dengan mentega alami ini memiliki banyak kandungan lemak. Namun tidak punya alasan untuk Anda takut akan lemaknya. Alpukat memiliki lemak tak jenuh yang mengandung asam oleat, yang benar-benar dapat membantu maslah kelaparan.

Anda dapat memadukan setengah atau seperempat alpukat dengan perasan lemon, dan beberapa garam serta merica sebelum mengolesi pada roti gandum di pagi hari. Menu sarapan ini dapat menahan perut Anda dari rasa lapar hingga makan siang tiba.
X