Wow, Norwegia Akan Bangun Terowongan Bawah Air Pertama Di Dunia

Terowongan bawah air pertama (foto: Elitereaders)

Norwegia punya solusi baru untuk memudahkan masyarakatnya melakukan perjalanan jauh dalam waktu singkat. Yaitu dengan membangun terowongan bawah air yang mampu menghubungkan antar kota bahkan negara.

Seperti dilansir Elitereaders, terowongan yang membentang sampai 4.000 kaki itu terbuat dari tabung beton yang dapat menahan sampai dua jalan. Nantinya terowongan ini akan ditempatkan 100 kaki di bawah air agar terhindar dari benturan dengan kapal yang melintas.

(foto: Elitereaders)

Bagian permukaannya akan disediaka ponton, perahu datar, yang saling terhubungan sepanjang terowongan bawah air. Ponton ini akan jadi tanda kepada kapal yang melintas bahwa ada terowongan bawah air.

(foto: Elitereaders)

Mungkin banyak yang bertanya kenapa Norwegia tidak membangun jembatan saja? Negara ini sudah memiliki sekitar 1.150 terowongan lalu lintas yang saling menghubungkan antar daerah, di mana 35 di antaranya sudah siap dijadikan terowongan bawah air.

Terowongan ini didesain mampu bertahan dari terjangan ombak, badai dan efek dari pembekuan serta cuaca dingin. Jadi, pengemudi tidak perlu khawatir akan tenggelam ketika melintasi terowongan bawah air ini.

Arianna Minoretti,seorang insinyur senior dari Administrasi Jalan Umum Norwegia, mengatakan bahwa dengan adanya terowongan bawah air ini memungkin pengguna kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan dalam waktu yang singkat tanpa harus keliling kesana-kemari dulu.

(foto: Elitereaders)

Norwegia sudah menyetujui proyek yang bernilai $25 juta ini. Mereka memprediksi terowongan bawah air akan selesai pada tahun 2035. Terowongan bawah air pertama rencananya akan dibangun untuk menghubungkan kota Oppedal dan Lavik.
X